Ekonomi dan Bisnis

Warga ke Sandiaga: Program Bapak Banyak, tapi Kita Nggak Paham

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat menghadiri acara Peringatan Maulid Nabi di Cilandak Timur, Jakarta Selatan, 3 Desember 2017. (Foto: Temo)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno hadir dalam acara peringatan maulid nabi di Jalan Pertengahan, Cijantung, Jakarta Timur, Minggu (7/1/2018). Acara tersebut juga dimanfaatkan Sandiaga untuk menerangkan sejumlah program yang akan dijalaninya selama menjabat sebagai pemimpin Jakarta mendampingi Gubernur Anies Baswedan.

“Ibu-ibu yang alisnya kayak stang Harley ikut OK OCE. Mudah-mudahan tambah sukses usahanya,” ujar Sandiaga.

Fauzi, salah satu warga yang hadir di acara tersebut mengaku masih belum paham mengenai OK OCE, OK Otrip dan program DP Rp 0.

“Program bapak banyak banget, saking banyaknya kita nggak paham,” kata Fauzi ke Sandiaga.

Sandiaga kemudian menjelaskan bahwa program OK OCE sudah dilaksanakan di setiap kelurahan setiap Sabtu. Dia pun meminta warga yang berminat segera datang.

“Soal OK OCE, setiap Sabtu di kecamatan ada kegiatan untuk pelatihan dan pendampingan dan membantu akses pemodalan. Ada garasi inovasi, yang sudah ada usaha juga dipermudah izinnya,” ujar Sandiaga.

Sandiaga kemudian menjelaskan mengenai program OK Otrip yang akan segera diuji coba pada 15 Januari mendatang.

“Ke depannya nanti Rp 5.000, tapi saat uji coba hanya Rp 3.500,” katanya.

Selain itu, Sandiaga juga memberi penjelasan terkait program DP Rp 0 yang akan segera dimulai pembangunannya pada 18 Januari mendatang. Perumahan vertikal tersebut nantinya dibangun oleh BUMD Sarana Jaya di kawasan Pulo Mas, Jakarta Timur.

“Sekarang melalui BUMD ada tanggal 18 Januari ground breaking di Sarana Jaya. Bentuknya rumah vertikal, rumah berlapis,” ujarnya.

Jadikan Sabtu-Minggu Khusus Hadiri Acara Keagamaan

Sandiaga Uno mengaku akan mengkhususkan hari Sabtu dan Minggu untuk menghadiri acara keagamaan yang digelar warga.

“Saya sama Pak Hendra (Kepala Kepala Biro Pendidikan, Mental, dan Spiritual) insyaallah kita Sabtu-Minggu mau melakukan kegiatan keliling membantu pembangunan akhlak. Tadi dilaporkan ibu-ibu di sini banyak sekali anak-anak muda kehidupan malamnya yang mengkhawatirkan ya,” kata Sandiaga di perayaan Maulid Nabi di Cijantung, Jakarta Timur, Minggu (7/1/2018).

Menurut Sandiaga, kegiatan keagamaan perlu didukung untuk meningkatkan akhlak anak-anak muda Jakarta. Dia ingin mendorong agar warga Jakarta selalu berkegiatan secara positif.

“Ini adalah bagian daripada syiar kita. Tapi untuk anak muda itu bisa kita alihkan, kita harus punya kegiatan yang positif. Dan kegiatan OK OCE untuk mereka bisa ikut pelatihan dan mulai memikirkan bahwa mereka harus mulai membantu pemerintah menciptakan lapangan kerja dan itu harus didorong,” tuturnya.

Sandiaga mengatakan dalam setahun ke depan tetap akan menghadiri undagan dari warga. Setelah setahun tersebut, Sandiaga berjanji akan melakukan program khusus untuk membangun warga Jakarta.

“Kita sekarang semua berbasis undangan ya. Jadi kemarin ini kita berbasis undangan, tapi kita selama satu tahun kita akan membangun datanya. Jadi data kita akan kumpulkan terus karena ini big data,” jelasnya.