Daerah, Jawa Timur, Kriminal

Video CCTV Detik-detik Jelang Ledakan di Gereja Surabaya

Penampakan CCTV detik-detk menjelang peristiwa ledakan di salah satu gereja di Surabaya, Minggu (13/5/2018).
Penampakan CCTV detik-detk menjelang peristiwa ledakan di salah satu gereja di Surabaya, Minggu (13/5/2018).

Jurnalindonesia.co.id – Tiga gereja di Surabaya diguncang bom hampir bersamaan pada Minggu (13/5) pagi. Ledakan pertama terjadi di Gereja Santa Maria Tak Bercela, Ngagel sekitar pukul 07.30 WIB. Ledakan kedua meledak di GKI Wonokromo, Diponegoro terjadi pada 08.00 WIB. Setelah itu, ledakan terakhir terjadi di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Arjuno. Ketiga lokasi ledakan bom hanya berjarak 3-5 km.

Pasca ledakan, polisi langsung bergerak ke lokasi. Pelaku yang akan meledakkan bom berhasil dibekuk aparat. Namun, polisi enggan menyebutkan detail penangkapan itu.

“Di wilayah tertentu tidak kita sebutkan namanya kita amankan,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung kepada kumparan.com, Minggu (13/5).

Sementara itu, pelaku bom bunuh diri di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jalan Diponegeroro adalah seorang ibu yang membawa 2 balita.

“Ibu dan dua anaknya yang berupaya masuk ke ruang kebaktian ini sempat dihalau oleh seorang sekuriti di pintu masuk GKI Jalan Diponegoro Surabaya, sebelum kemudian ketiganya meledakkan diri di halaman gereja,” ucap Wakapolrestabes Surabaya AKBP Benny Pramono.

Baca: Bom di Gereja Surabaya, Saksi: Pelaku Peluk Petugas dan Meledakkan Diri

Hingga Minggu (13/5) siang, polisi menyatakan 9 orang tewas akibat ledakan ini. Dan 40 orang mengalami luka-luka, termasuk 2 orang anggota kepolisian. Para korban luka dirawat di RS dr Sutomo dan RS Bhayangkara Surabaya.

Selama proses evakuasi dan penyisiran, polisi sempat menemukan bom yang masih aktif di sekitar GPPS Arjuno. Tim Jihandak Gegana Polda Jatim langsung mengamankan bom dan meledakkannya di lokasi.

Selain korban tewas dan luka, kerusakan parah juga terjadi di sekitar gereja. Sejumlah sepeda motor terbakar, mobil yang terparkir di sekitar geraja rusak, hingga bagian depan gereja hancur.

Baca juga: Pelaku Bom Bunuh Diri di GKI Diponegoro Diduga Perempuan

Berikut video CCTV detik-detik menjelang ledakan bom di salah satu gereja di Surabaya, Minggu (13/5) pagi:

Loading...