Politik

TNI Bantah Artikel “Investigasi Allan Nairn: Ahok Hanyalah Dalih Untuk Makar” yang Dimuat Tirto.id

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Wuryanto mengambil langkah hukum terkait artikel investigasi yang dimuat web portal Tirto.id. Artikel yang merupakan terjemahan dari hasil investigasi jurnalis Amerika, Allan Nairn, itu menyebutkan ada rencana peggulingan Presiden Joko Widodo oleh sejumlah perwira tinggi TNI baik yang sudah pensiun maupun yang masih aktif.

Mayjen Wuryanto menegaskan, artikel tersebut tidak berdasar alias hoax.

Tirto.id memuatnya dengan judul ‘Investigasi Allan Nairn: Ahok Hanyalah Dalih untuk Makar’, pada Rabu, 19 April 2017 kemarin.

Tulisan aslinya dirilis pertama kali di The Intercept dengan judul ‘Trump’s Indonesian Allies in Bed with ISIS-Backed Militia Seeking to Oust Elected President‘ oleh Allan Nairn.

Disebutkan dalam artikel tersebut ‘rekan-rekan Donald Trump di Indonesia telah bergabung bersama para tentara dan preman jalanan yang terindikasi berhubungan dengan ISIS dalam sebuah kampanye yang tujuan akhirnya menjatuhkan Presiden Joko Widodo. Menurut beberapa tokoh senior dan perwira militer dan intelijen yang terlibat dalam aksi yang mereka sebut sebagai “makar”, gerakan melawan Presiden Jokowi diorkestrasi dari belakang layar oleh beberapa jenderal aktif dan pensiunan.’

[otw_shortcode_button href=”http://jurnalpolitik.com/2017/04/21/tni-bantah-artikel-investigasi-allan-nairn-ahok-hanyalah-dalih-untuk-makar-yang-dimuat-tirto-id/” size=”large” icon_position=”left” shape=”square” target=”_blank”]BACA SELENGKAPNYA[/otw_shortcode_button]