Wisata

Tips Penting Ketika Berkunjung Ke Pulau Komodo

Bagi anda yang hendak memutuskan untuk berlibur ke Pulau Komodo, ada beberapa hal penting yang harus anda pahami dengan baik sebelum pergi ke sana. Pulau komodo sendiri merupakan salah satu pulau yang dilindungi karena merupakan salah satu Taman Nasional yang dilindungi oleh pemerintah Pusat.

Hal paling penting untuk anda ketahui bahwa semua komodo yang ada disana tidak boleh diberi makan sembarangan, di buru maupun dibunuh. Karena komodo sendiri merupakan salah satu jenis reptil yang sudah hampir terancam punah dan ditetapkan oleh UNESCO sendiri. Nah berikut ini adalah tips ketika anda hendak bertamasya ke pulau komodo untuk mengisi liburan bersama dengan keluarga anda.

  • Jangan pernah memuat gerakan tiba-tiba

Bila anda hendak berlibur ke pulau komodo, alangkah lebih baiknya kalau menghindari gerakan secara tiba-tiba. Yang dimaksud gerakan tiba-tiba disini adalah misalnya berlari dan kemudian terlalu berisik dengan barang-barang bawaan anda. Hal ini dikarenakan komodo sendiri mempunyai pendengaran yang begitu tajam sehingga cukup berbahaya jika komodo terpancing dengan gerakan anda. Pastikan untuk anda yang ingin mengajak anak-anak harus didampingi dengan ketat agar tidak terjadi hal-hal yang sama sekali tidak pernah diinginkan.

  • Bagi wanita yang sedang datang bulan ( Menstruasi )

Terkusus untuk para wanita yang sedang datang bulan alangkah lebih baiknya jika melaporkan diri terlebih dahulu kepada petugas jika hendak berkunjung ke pulau Komodo. Untuk wanita yang sedang menstruasi jelas cukup berbahaya jika harus pergi ke pulau komodo tanpa pendampingan, penciuman komodo yang super tajam bisa mencium bau darah hingga jarak 2 km. Hal ini tentu begitu berbahaya jika anda sedang menstruasi atau datang bulan.

  • Pergi dengan pemandu wisata

Janganlah pernah untuk bertindak bodoh dengan pergi sendiri untuk melihat-melihat atau menyisir pulau komodo, hal berbahaya bisa menghampiri anda. Lebih baik anda pergi dengan menyewa pemandu. Namun biasanya disana sudah disediakan pemandu pulau komodo yang siap untuk mendampingi anda keliling pulau.

  • Jangan memberi makan komodo

Mungkin anda mengira bahwa komodo merupakan salah satu reptil atau kadal besar yang cukup lambat dalam bergerak, tetapi ketika sudah diberi makan maka sifat agresifnya akan muncul secara tiba-tiba dengan gerakan yang cepat. Lebih baik anda menghindari untuk tidak memberi makan komodo. Jika ingin melihat komodo makan, alangkah lebih baiknya ketika pemandu yang memberikan makan.

  • Komodo takut dengan tongkat

Bila anda sedang tracking, lebih baik bawa tongkat dengan cabang dua. Tongkat ini memiliki fungsi untuk mengusir komodo yang mendekat kepada anda. Bisa dipastikan mereka akan takut karena hentakan tongkat.

  • Gunakan sepatu yang menutupi hingga mata kaki

Bila anda pergi ke pulau komodo dan rinca, lebih baik gunakan sepatu yang seluruhnya bisa menutupi kaki hingga ke bagian atas. Karena disana juga ada sekitar 12 jenis ular, 3 diantaranya cukup beracun jika menggigit.

  • Jangan merokok atau menyalakan api

Ketika anda pergi ke pulau komodo, lebih baik menaati semua peraturan yang ada disana jika anda ingin aman dan tidak terjadi hal-hal yang menyeramkan. Di pulau ini sepenuhnya masih terdiri dari padang savana, di musim kemarau rumput pulau komodo cukup kering sehingga berpotensi terbakar ketika ada percikan api. Lebih baik hindari merokok atau membawa korek.

Nah itulah beberapa tips ketika anda memutuskan untuk pergi ke pulau komodo. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Loading...