Nasional

Tidak Hanya Pesawat, Ada Juga Kereta Khusus Kepresidenan, Lihat Kemewahan Interiornya

kereta kepresidenan
Railone, Kereta api pengawal kereta kepresidenan

Jurnalindonesia.id – Tidak hanya pesawat kepresidenan yang menjadi moda transportasi andalan Presiden RI Joko Widodo dan Waklil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam melakukan kunjungan ke berbagai wilayah, tapi ada juga Kereta Khusus Kepresidenan.

Kereta Api Kepresidenan

Kereta Api Kepresidenan yang membawa rombongan bapak wakil presiden bapak jusuf kalla dari yogyakarta tujuan stasiun gambir.

Jika pesawat kepresidenan dioperasikan oleh TNI-AU, Kereta Khusus Kepresidenan ini dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Sampai saat ini Presiden Jokowi memang belum menggunakannya, baru Wapres JK yang menggunakannya pada awal tahun ini.

Kereta kepresidenan

Kereta kepresidenan

Kereta Khusus Kepresidenan ini terdiri dari beberapa rangkaian yang tiga diantaranya menggunakan tiga gerbong wisata Bali, Toraja dan Nusantara.

Tiga gerbong ini merupakan jenis yang termewah yang dimiliki oleh PT KAI dan digunakan untuk VVIP selama perjalanan. Sedangkan untuk Paspampres menggunakan gerbong K1 (Kelas Eksekutif).

Lalu, bagaimana kemewahan Kereta Khusus Kepresidenan ini? Berikut penampakannya :

1. ‎Kereta Bali, Toraja dan Nusantara memiliki fasilitas yang cukup mewah, ruang makan, mini bar, ruang meeting, ruang karaoke, bahkan ruang istirahat layaknya sebuah kamar VVIP

Kereta kepresidenan

Kereta kepresidenan

2. Setiap gerbong wisata ini memiliki kapasitas‎ yang berbeda-beda. Setiap gerbongnya sudah dilengkapi dengan CCTV.

3. Meski tidak selalu digunakan, KAI selalu merawat gerbong Kereta Khusus‎ Kepresidenan ini di Dipo Perawatan Manggarai.

4. Mengenai pengamanan, Kereta Khusus Kepresidenan ini juga dikawal oleh RailOne.

kereta kepresidenan

Railone, Kereta api pengawal kereta kepresidenan