Nasional

Tentang Hoax Amalia “Teman Ahok” yang Tak Berjilbab, Ini Penjelasannya

Jurnalpolitik.com – Pendiri kelompok relawan “Teman Ahok”, Amalia Ayuningtyas angkat bicara mengenai pergunjingan tentang dirinya yang beredar di media sosial yang menyebut dirinya tak berjilbab.

Ia menyampaikan hal itu saat hadir dalam acara peluncuran aplikasi “Go Ahok 2”, di Kantor Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2016).

“Saya Amalia Ayuningtyas, saya memang berjilbab, dan saya bukan Ulin Yusron,” kata Amalia yang langsung direspons tawa sebagian peserta acara.

Ulin Yusron adalah pegiat medsos yang fotonya sempat disandingkan dengan foto Amalia. Dalam pergunjingan yang ada di medsos, Ulin disebutkan sebagai Amalia versi saat tidak mengenakan jilbab. Ulin merupakan seorang laki-laki.

Amalia menuturkan bahwa dirinya sudah berjilbab sejak usia kanak-kanak. Karena itu, Amalia heran dengan adanya pergunjingan yang menudingnya tak berjilbab. Apalagi pergunjingan yang membandingkan wajahnya dengan Ulin.

Menurut Amalia, pergunjingan tentang dirinya yang dituding tidak berjilbab bukan yang pertama. Karena hal serupa pernah terjadi saat dirinya tengah terlibat dalam penggalangan data KTP dukungan untuk Ahok beberapa bulan silam.

“Tapi dulu bandinginnya masih sama-sama perempuan. Sekarang kok dengan laki-laki kekar gitu. Makanya saya bingung bisa viral dan banyak yang percaya,” ujar Amalia.

Pada kesempatan yang sama, Wasekjen PSI Danik Eka Rahmaningtyas yang juga mengenakan jilbab juga sempat menyinggung peristiwa yang dialami Amalia. Seperti Amalia, Danik juga merupakan pendukung Ahok.

Danik berharap jilbab yang digunakannya tidak dipolitisir oleh pihak anti Ahok. Apalagi sampai menudingnya seperti yang dialami Amalia.

“Mudah-mudahan jilbab yang saya pakai tidak dipolitisir. Nanti bisa kejadian seperti Sis Amalia. Ada foto versi yang enggak pakai jilbabnya,” kata Danik. (Kompas)

Loading...