Politik

Tandingi Unicorn, Sandiaga Siapkan Konsep Unikop

Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno saat di Bali, beberapa waktu lalu. (Dok. Tim Media Sandiaga)

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Sandiaga Uno, mendapat apresiasi dari Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Sri Edi Swasono, soal konsep Unikop yang baru-baru ini digagasnya, saat berkunjung ke Bali, baru-baru ini.

Unikop merupakan singkatan dari Unit Koperasi, yakni koperasi dengan skala besar seperti Unicorn, yang memang sudah cukup banyak tersebar di Indonesia.

“Beliau (Sri Edi Swasono) sangat tertarik dengan konsep Unikop. Unikop adalah sebuah koperasi yang sudah menembus skala di atas Rp1 triliun,” kata Sandiaga, di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Rabu, 27 Februari 2019.

BACA JUGA: Jokowi Tanya soal Unicorn, Prabowo: Maksudnya yang Online-online Itu?

Sandiaga memang sempat bertemu dengan Edi usai berolahraga pagi di GOR Bulungan. Saat itulah Edi mengaku sangat tertarik dengan konsep Unikop yang dicetuskan oleh mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu.

Sri Edi Swasono sendiri diketahui merupakan guru besar ekonomi di Universitas Indonesia. Dia juga pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada masa orde baru. Edi juga merupakan saudara dari Sri Bintang Pamungkas.

“Pak Edi Swasono memberikan masukan tentang Pasal 33 UUD 1945 bahwa koperasi adalah bentuk usaha yang harus kami dorong,” kata Sandiaga.

Unikop pun, lanjut dia, berbeda dengan Unicorn, yang namanya banyak diperbincangkan saat capres petahana Joko Widodo bertanya tentang unicorn kepada Prabowo Subianto di debat pilpres kedua.

“Bukan Unicorn yah, Unikop,” kata Sandiaga menegaskan.

Nantinya, program Unikop ini akan dikombinasikan dengan program OK OCE yang telah digagas lebih dahulu oleh Sandiaga. Dengan demikian, berharap berbagai programnya itu dapat mendorong tumbuhnya lapangan kerja di Indonesia.

“Membuka lapangan kerja ini bisa kita konkretkan dengan program OK OCE, Unikop, dan program-program yang langsung menyentuh masyarakat,” kata Sandiaga

Ide Unikop ini sebelumnya disampaikan Sandiaga saat kampanye di Bali pada 23 Februari lalu. Ide tersebut digagasnya karena dia percaya koperasi dapat menjadi kekuatan penggerak ekonomi nasional jika dikelola secara baik.

BACA JUGA: BPN: Prabowo Tanya Soal Unicorn Karena Bahasa Inggris Jokowi Belepotan

Sandiaga mengaku akan segera membentuk Unikop jika dirinya kelak terpilih menjadi wakil presiden mendampingi Prabowo pada 17 April mendatang.

“Jika kami terpilih melayani masyarakat Indonesia, akan kami bentuk Unikop-unikop baru, usaha rintisan koperasi dengan nilai lebih dari Rp 1 triliun,” kata Sandiaga.

Unikop merupakan koperasi dengan skala besar, seperti unicorn. Menurut Sandiaga, jika koperasi dikelola dengan baik dan profesional, maka bisa menjadi kekuatan penggerak ekonomi di negara ini.

Unikop juga kata Sandiaga sekaligus usaha untuk mewujudkan cita-cita Bung Hatta, di mana koperasi sebagai soko guru ekonomi Indonesia.

“Unikop akan kita bentuk seperti Unicorn. Unicorn itu start up, usaha rintisan dengan nilai lebih dari satu triliun, yang biasanya terkait dengan teknologi dan dunia maya. Sedangkan kita akan jadikan Unikop satuan unit koperasi dengan berbagai bentuk usaha, dengan nilai lebih dari satu triliun rupiah,” kata Sandiaga di hadapan masyarakat Bali, Sabtu, 23 Februari 2019, lalu.

Loading...