DKI Jakarta, Ekonomi dan Bisnis

Tanah Abang Belum Selesai, Giliran PKL Pasar Senen Minta Difasilitasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Blok III Pasar Senen yang baru selesai direvitalisasi. (Foto: Marlinda/detikcom)

Kehadiran Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam rangka peresmian Pasar Senen Blok III disambut aksi demonstrasi dari puluhan pedagang kaki lima (PKL).

Para PKL yang berdemo ini merupakan korban kebakaran Pasar Senen Blok I dan II. Mereka menuntut agar pemerintah juga memperhatikan nasib mereka yang kini berjualan di pinggir trotoar, Jalan Stasiun Senen tepat di bawah jembatan layang yang mengarah ke Jalan Kramat Raya.

Selain itu mereka pun minta difasilitasi kios di dalam area gedung baru Blok III.

“Semua yang berdagang akan difasilitasi tentu dengan pertimbangan ketersedian tempat, ketertiban dan kenyamanan. Intinya kita tampung mereka yang ingin menjadi penjual, pedagang terfasilitasi,” kata Anies di Pasar Senen Blok III, Jumat (29/12).

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin, yang dalam kesempatan itu mendampingi Gubernur menyatakan bahwa pihaknya sudah mencoba mengakomodir sebanyak 40 pedagang tersebut.

Namun, mereka menolak opsi tempat yang diajukan oleh PD Pasar Jaya.

“Mereka yang demo itu korban kebakaran Blok I dan II, mereka minta masuknya di Pasar Senen. Saya menawarkan masuk di pasar yang lain, kami mau nampung kok di pasar Baru atau Paseban tapi mereka gak mau, mereka maunya disini. Ada 40 pedagang. Sebenarnya yang lain sudah diakomodir,” kata Arief.

Tujuan wisata

Dalam sambutannya, Anies bercita-cita agar pasar Senen bisa menjadi destinasi wisata budaya.

“Pasar adalah salah satu ciri kebudayaan Indonesia, Pasar Senen harus bisa jadi salah satu ikon wisata pasar di Indonesia,” kata Anies di Pasar Senen, Jumat (29/12/2017).

Menurut Anies, turis akan tertarik menikmati suasana pasar. Sebab, pasar mengandung unsur budaya khas Indonesia.

“Pasar Senen lokasinya sangat strategis. Ke depan, kami ingin pasar juga jadi salah satu tujuan wisata. Datang ke Pasar Senen untuk merasakan keindonesiaan, merasakan kebudayaan kita,” ujar Anies

Ia mengatakan, wisatawan yang datang ke Indonesia bukan lagi hanya ingin melihat keindahan alam, melainkan ingin merasakan kebudayaan di Indonesia.

Mantan Mendikbud itu meminta Direktur Utama PD Pasar Jaya untuk menyiapkan tanda-tanda penunjuk bagi wisatawan yang berkunjung ke Pasar Senen.

“Jangan hanya tanda untuk orang kita tapi siapkan untuk wisatawan. Kalau mereka ikut belanja, menggerakkan ekonomi juga dan pasti ada pengalaman unik,” ucap Anies.