Ekonomi dan Bisnis

Tak Ada Respons, Rizal Anggap Sri Mulyani Tak Punya Nyali Debat Soal Utang

Rizal Ramli
Rizal Ramli. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Jurnalindonesia.co.id – Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli menduga Menteri Keuangan Sri Mulyani tak berani menerima tantangan berdebat soal perekonomian Indonesia. Dugaan itu muncul setelah sekian lama tak ada respons dari Sri Mulyani terkait ajakan debat terbuka itu.

“Ternyata Sri nggak punya nyali. Karena akan ketahuan nanti siapa yang manipulatif gunakan data sepotong-sepotong. Tidak menggunakan gambaran yang komprehensif tentang utang,” kata Rizal di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Rizal mengklaim, sudah ada tiga stasiun televisi swasta yang bersedia menayangkan debatnya dengan Sri Mulyani.

Baca juga: Sri Mulyani Disarankan Tak Ladeni Ajakan Debat Rizal Ramli

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mempersilakan pihak-pihak yang mempersoalkan utang untuk beradu argumen dengan Sri Mulyani. Atas dasar itulah Rizal kemudian melontarkan tantangan debat dengan mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

“Harusnya biasa sajalah. Kita diskusi, karena tiga TV swasta datang ke saya, siapa ya kalau ada debat minta exclusive right atau hak ekslusif,” kata Rizal.

“Saya bilang, lebih senang rakyat Indonesia dengar, jangan eksklusif. Mereka kirim surat kepada presiden dan Menkeu belum ada jawaban. Kita tunggu saja,” lanjutnya.

Baca juga: Tanggapan Sri Mulyani Terkait Tantangan Debat Rizal Ramli Soal Utang

Sebelumnya, Rizal mengaku siap melakukan debat terbuka soal utang dengan Sri Mulyani Indrawati. Rizal ingin membahas soal utang pemerintah yang sudah mencapai Rp 4.000 triliun lebih.

Rizal menilai, masyarakat dirugikan oleh keputusan Sri Mulyani yang tak bisa menegosiasikan bunga utang menjadi lebih murah, sehingga membuat bunga utang yang diperoleh Indonesia tinggi dan penerimaan pajak dari masyarakat banyak disedot untuk membayar bunga utang tersebut.

Sri Mulyani sendiri enggan berkomentar saat dimintai respons soal tantangan debat Rizal Ramli. Perempuan yang akrab disapa Bu Ani ini hanya tersenyum sambil berjalan meninggalkan awak media.