Kriminal

Sebut Islam-nya Orang Cina Cuma Pura-pura, Sri Bintang Pamungkas Dipolisikan

Sri Bintang Pamungkas
Sri Bintang Pamungkas

Jurnalindonesia.co.id – Sri Bintang Pamungkas dilaporkan oleh Dewan Pimpinan Pusat Persaudaraan Islam Tionghoa (DPP-PITI) atas pernyataannya dalam sebuah diskusi yang menyebut bahwa orang Cina masuk Islam adalah pura-pura.

Pelapor merasa keberatan dengan pernyataan Sri Bintang tersebut. Menurut pelapor, persoalan agama itu adalah hak asasi manusia.

Video dari diskusi tersebut diunggah di Youtube dengan judul ‘Jokowi Pura Pura Islam menurut Sri Bintang Pamungkas’. Video inilah yang dijadikan bukti oleh pelapor.

Dalam diskusi tersebut, seorang pembawa acara menanyakan kepada Sri Bintang soal orang-orang Cina yang memeluk agama Islam.

“Satu lagi pak, kalau China itu masuk Islam gimana pak?” ucap pembawa acara, sebagaimana dikutip dari video di menit ke 12:22.

“Pura-pura,” jawab Sri Bintang tanpa pikir panjang.

Tak hanya itu, Sri Bintang juga menyinggung nama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya Jokowi pun Islam-nya pura-pura.

“Jokowi kan pura-pura juga tuh,” kata Sri Bintang.

“Awalnya diketahui sama para wartawan, ‘Oh kok ngambil air wudunya salah’. Terus kemudian ketemu di Jombang, nggak tahu dengan siapa, dengan Khofifah mengatakan mbak Khofifah aja yang menjadi imam. Ini kan pura-pura,” lanjut Sri Bintang.

Berikut videonya:

Atas pernyataan itu, Sri Bintang dilaporkan ke Polda Metro pada Kamis 29 Maret 2018 lalu.

“Kami tidak terima fitnah yang disampaikan saudara Sri Bintang Pamungkas bahwa Presiden Jokowi dihina dengan mengatakan ‘Presiden Jokowi Islamnya berpura-pura,” kata Ketua Umum PITI, Ipong Hembing Putra di Mapolda Metro Jaya, Kamis 29 Maret 2018.

Ipong mengaku keberatan dengan pernyataan Sri Bintang soal mereka orang Tionghoa yang masuk agama Islam adalah pura-pura.

“Oleh karena itu, kami sebagai orang-orang Tionghoa Indonesia yang beragama Islam sangat keberatan dengan fitnah yang dilakukan saudara Sri Bintang. Untuk itu kami laporkan yang bersangkutan ke Polda Metro Jaya atas pencemaran nama baik, dan fitnah,” ucapnya.

Dia pun meminta Sri Bintang untuk segera melakukan klarifikasi dan memaaf atas ucapannya tersebut.

“Kami masih menunggu iktikad baik saudara Sri Bintang Pamungkas dan memberi klarifikasi dan permintaan maaf secara nasional kepada masyarakat Muslim Tionghoa Indonesia,” lanjutnya.

Baca juga: Terkait Pernyataan Islam Orang Cina Pura-pura, Ini Penjelasan Sri Bintang Pamungkas