Uncategorized

Ridwan Kamil Gandeng Menteri Susi Bangun Sea World Terkeren di Indonesia

Jurnalindonesia.co.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengungkap rencana mega proyek di Pantai Timur Pangandaran.

Lewat akun instagram pribadinya, mantan Wali Kota Bandung itu mengatakan dirinya bersama dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, akan membangun Sea World terkeren di Indonesia.

Tidak hanya itu, tempat kelahiran Bu Susi ini juga akan di bangung pusat riset kelautan (Marine Research Center) dan Politeknik Kelautan dengan kurikulum yg paling canggih.

Mantan Walikota Bandung itu mengungkapkan bahwa semua hal yang dia katakan adalah karya dari Susi Pudjiastuti.

Kang Emil memarkan rencana kolaborasi antara Pemerintah Jawa Barat dengan Menteri Susi Pudjiastuti (Instagram: @Ridwankamil)

“Bersama Ibu Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan dan Bapak Bupati Pangandaran membahas dan berbagi tugas untuk penataan pantai dan infrastruktur Pangandaran,” ungkapnya.

Baca Juga: Ditentang di Indonesia, Menteri Susi Dipuji Dunia karena Melawan “Illegal Fishing”

Menurut Ridwan Kamil, pemerintah provinsi dan kabupaten Pangandaran ikut menggelontorkan dananya untuk membenahi kawasan Pantai Pangandaran untuk menyokong keberadaan pusat riset tersebut. “Ada tiga kawasan di sana yakni kawasan pendidikan ada Politeknik Kelautan, ada riset dan ada wisata,” kata dia.

Ridwan Kamil mengatakan, khusus Pusat Riset Kelautan termasuk fasilitas Sea World di dalamnya dikelola pemerintah pusat. “Full dikelola pemerintah pusat,” kata dia. “Tugas pemerintah provinsi akan mengelola, memaksimalkan konektivitas yang masih belum maksimal ke arah lokasinya.”

Ridwan Kamil bertemu dengan Menteri Kelautan Dan Perikatan Susi Pudjiastuti membahas soal pembagian kerja membenahi kawasan Pantai Pangandaran akhir pekan lalu di pantai itu, Minggu, 19 November 2018. “Bu Susi memberikan usulan agar abrasi yang terjadi di Pangandaran ini diselesaikan dengan memperbanyak breakwater. Itu akan jadi antensi (pemerintah provinsi),” kata dia.

Pembahasan tersebut juga menyangkut pembagian pendanaan. “Ini tidak hanya menata kawasan untuk turis, tapi (juga) menahan potensi abrasinya. Pendanaannya dibagi tiga, ada yang dari pusat, dari provinsi, dan bupati,” kata Ridwan Kamil.

Kabarnya, mega proyek yang disebut dengan Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute (Piamari) akan menghabiskan dana sekitar Rp 325 miliar.

Namun, Kang Emil mengatakan, kebutuhan anggaran untuk program penataan kawasan Pantai Pangandaran masih dibahas. “Belum tahu. Minimal (dari provinsi) Rp 50 miliar sudah disiapkan,” kata dia.

Baca Juga: Menteri Susi Lebih Pilih Resmikan Pasar Ikan daripada Penuhi Undangan Fadli Zon

Ridwan Kamil mengatakan, penataan kawasan Pantai Pangandaran yang akan dikerjakan pemerintah berada di areal yang berada di luar areal usulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pangandaran. “Di luar KEK,” kata dia.

Bagi Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Piamari merupakan angin segar, karena terbangunnya Piamari akan menambah pendapatan asli daerah Pangandaran di sektor pariwisata.

Kang Emil juga tak lupa memperlihatkan desain dari Sea Wolrd yang masih dalam proses pembangunan.

Beberapa desain Sea World yang akan dibangun, dipaparkan oleh Ridwan Kamil di instagramnya.

Foto: Ilustrasi Sea World Pangandaran yang sedang dikerjakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah (Instagram : @Ridwankamil)

Tentu saja rencana pembangunan ini akan menjadi duet kerja antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah yang sangat ditunggu-tunggu warga Jawa Barat karena menjadi tempat rekreasi baru di Pangandaran.

Loading...