Daerah, DKI Jakarta

Resmikan Pembangunan Kandang Persija, Anies Janjikan Stadion Kelas Dunia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meresmikan pembangunan stadion baru di atas lahan Taman BMW. (Foto: Pradita Utama/detikcom)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sudah mulai meresmikan pembangunan stadion bagi Persija Jakarta yang bernama Jakarta International Stadium (JIS).  Anies berharap pembangunan ini membuat nilai Jakarta di mata Internasional semakin tinggi.

Hal itu diungkapkan Anies ketika memberikan sambutan pada acara yang juga merupakan peletakan batu pertama stadion tersebut. Dibukanya proyek ini ditandai dengan sepak mula atau kick off yang dilakukan Anies di Kawasan Taman BMW, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, tanggal 14 Maret 2019, kick off pembangunan Jakarta International Stadium dinyatakan dimulai,” ucap Anies.

Anies ingin membuktikan bahwa Jakarta pantas disandingkan dengan kota maju lainnya di dunia.

“Alhamdulillah, hari ini adalah hari bersejarah dan membanggakan untuk kita semua. Melaksanakan cita-cita kita memiliki stadion kebanggaan berkelas Internasional seperti yang dimiliki klub-klub elite dunia,” kata Anies.

BACA JUGA: Ditagih Jakmania, Anies Janji Akan Bangun Stadion Berkelas Internasional

Anies menyatakan pembangunan stadion ini akan mengutamakan konsep gedung hijau atau green building. Di sekitar stadion pun, katanya, akan dibangun sejumlah fasilitas umum dan fasilitas sosial yang mengutamakan seni, budaya dan lingkungan.

“Tapi ada sebagai satu kawasan yang nantinya akan ada kawasan hijau danau dan Insyallah seluruh kegiatan di tempat ini selalu disusun dengan asumsi warga menggunakan kendaraan umum,” jelas dia.

Anies menuturkan, pembangunan stadion juga terpadu dengan angkutan umum. Kendaraan umum yang dimaksudkan Anies ialah Mass Rapid Transit (MRT) hingga stasiun kereta api. Anies juga menyatakan tersedia jalan tol yang dapat digunakan para penonton nantinya.

“Harapannya semua penonton yang dateng ke tempat ini datang bukan dengan kendaraan pribadi tapi dengan kendaraan umum,” terang dia.

BACA JUGA: Persija Tagih Janji Gubernur Bangun Stadion Semegah Old Trafford

Sementara itu, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto menyatakan stadion ini mampu menampung penonton hingga 82 ribu orang. Fasilitas lain yang akan dibangun di sekitar stadion adalah masjid terapung, lintasan lari atau jogging track, hingga toilet.

“Pelatarannya kita bikin saf untuk bisa penonton salat berjamaah. Karena kita tahu bahwa banyak pertandingan sepakbola dilakukan pukul 18.30, 19.30 sebelumnya orang harus salat magrib,” jelas dia.

Dwi memprediksi pembangunan akan selesai pada tahun 2021. Untuk pembiayaan tahap pertama APBD DKI menggelontorkan dana sebesar Rp900 miliar dari sekitar Rp5 trilun yang dibutuhkan.

“Nanti untuk sisanya akan dibangun semacam kawasan komersil tujuannya self financing kebutuhan perawatan stadion itu sendiri,” tutup dia.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik menilai pembangunan stadion ini murni untuk kepentingan rakyat dan bukan hanya melunasi janji kampanye.

“Bukan hanya sebagai janji kampanye. Ini kan kebutuhan masyarakat. Ini kan rencananya sudah lama nih, cuma prosesnya panjang. Ujungnya sekarang, bukan hanya sekadar janji kampanye,” terang dia.

Taufik juga berharap pembangunan ini bisa dilakukan tepat waktu. Ia berjanji bahwa dewan akan terus mendukung pembangunan dengan melakukan persetujuan dari segi anggaran.

“Kita berharap, segera dibangun dan tepat waktu. Orang kita kasih anggaran Rp1 triliun yang pertama kita kasih anggaran. Harus sesuai jadwal tahun 2021,” tutup dia.

Anies sejak lama ditagih Jakmania, fans Persija Jakarta, untuk membangun stadion baru pengganti stadion Lebak Bulus. Pada akhir Desember lalu, ia berujar jika kick off pembangunan akan digelar awal 2019.