Politik

Rachel Maryam Sebut Video Kampanye Ahok-Djarot Sebagai Video Paling Rasis yang Pernah Dilihatnya

Rachel Maryam

Jurnalindonesia.id – Anggota DPR dari Fraksi Gerindra Rachel Maryam menyebut video terbaru kampanye Ahok-Djarot sebagai video paling rasis yang pernah dilihatnya.

Menurut Rachel, dalam video yang viral dengan tanda pagar #KampanyeAhokJahat itu umat Islam dipersepsikan sebagai biang keonaran. Sementara di sisi lain, hanya etnis tertentu yang menorehkan prestasi untuk negeri ini.

“Iklan kampanye dengan jualan Sara dan playing victim yang paling rasis yang pernah saya lihat. Provokatif,” tulis perempuan kelahiran Bandung, Jawa Barat, 20 April 1980 itu lewat akun Twitter @cumarachel, Senin (10/4).

Rachel menjelaskan bahwa masyarakat marah disebabkan oleh mulut Ahok Ahok yang serampangan. Artinya, kemarahan itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan ras dan etnis tertentu. Sehingga, menurutnya, sangat tidak tepat jika dalam video itu digambarkan seolah terjadi kerusuhan antar etnis karena tidak memilih Ahok.

“Umat muslim tidak rasis. Ahok telah menyeret-nyeret identitas agama dan etnisnya untuk jadi tameng bagi masalah yang dia timbulkan sendiri. Bukti Ahok tidak bernyali,” pungkasnya.

Baca juga:

Diketahui, dalam video kampanye terbaru Ahok-Djarot, ditampilkan suasana demonstrasi yang berujung pada kerusuhan. Kemudian dimunculkan pula sekelompok orang memakai baju putih dan berpeci yang berunjuk rasa dan seraya berteriak.

Video berdurasi 2 menit tersebut diisi pidato suara Djarot.

Kemunculan video ini menjadi perdebatan di lini masa media sosial di Twitter dengan hingga memunculkan hashtag #kampanyeahokjahat.