Nasional

Portalpiyungan Diblokir Kominfo, Ini Tanggapan PKS

Nashir Djamil
Nashir Djamil

Jurnalindonesia.id – Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nashir Djamil menegaskan situs portalpiyungan.com tidak ada kaitannya sama sekali dengan partainya.

Sebagaimana diberitakan, situs Portalpiyungan didiblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sebab dinilai menyebarkan isu suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

“Tidak dikelola oleh struktural. Jadi inisiatif mereka membuat itu. Tentu saja di luar PKS secara kelembagaan,” kata Nashir saat dihubungi, Kamis (3/11).

Nashir menduga penutupan itu berkaitan dengan demonstrasi besar 4 November lantaran dapat memancing provokasi masyarakat.

Baca: Diduga Sebarkan Kebencian dan SARA, Kominfo Blokir 11 Situs

Meski demikian, Nashir menilai seharusnya penutupan portal yang mengandung SARA, harus melibatkan banyak pihak, termasuk kalangan ulama dan akademisi.

Anggota Komisi III DPR ini juga menyarankan, jika pengelola portal yang ditutup keberatan dengan penutupan sementara ini, dapat mengajukannya ke Kemkominfo.

Namun, Nashir sepakat jika tidak boleh ada berita yang membenturkan antaragama. (Baca: Tidak Terima Situsnya Diblokir, Portalpiyungan Laporkan Kominfo ke DPR)

Kemkominfo telah memblokir 11 situs yang diduga mengandung konten Suku, Agama dan Ras (SARA). Penutupan ini terjadi jelang aksi demo besar-besaran pada 4 November 2016, besok.

Dalam surat yang dikirimkan ke sejumlah Internet Service Provider (ISP), Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo meminta 11 situs tersebut diblokir sementara.

“Itu memang permintaan dari beberapa instansi terkait, kolaborasi antara pihak kepolisian, BIN (Badan Intelijen Negara) dan laporan warga,” kata Plt Pusat Humas dan Informasi Kominfo Noor Iza, saat berbincang dengan CNNIndonesia.com. (Baca: Fadli Zon Memprotes Pemblokiran Situs Portalpiyungan & Pos-metro oleh Kominfo)

Dia tidak membantah bila penutupan ini memang terjadi jelang aksi demo pada 4 November 2016 yang akan diikuti setidaknya ratusan ribu umat Islam. Karena ditakutkan makin memperkeruh suasana.

Berikut daftar 11 situs yang diblokir Kemkominfo:

Lemahirengmedia.com
portalpiyungan.com
suara-islam.com
smstauhiid.com
beritaislam24h.com
bersatupos.com
pos-metro.com
jurnalmuslim.com
media-nkri.net
lontaranews.com
nusanews.com

Loading...