Uncategorized

Pidato di Pertemuan IMF-World Bank, Presiden Bank Dunia Kutip Ucapan Sukarno

Jurnalindonesia.co.id – Acara puncak pertemuan IMF dan Bank Dunia 2018 di Bali ditutup dengan pidato dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde, dan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim.

Dalam pidatonya Jokowi membahas soal perang dunia yang mengalihkan perhatian dari isu yang lebih penting. Sementara Lagarde bicara soal ketimpangan ekonomi. Dan Jim Yong Kim membahas soal pembangunan manusia.

Salah satu hal yang menarik dari pidato Jim Yong Kim adalah turut membawa nama Presiden Soekarno. Bos Bank Dunia itu mengutip ucapan Soekarno saat berbicara di hadapan peserta Konferensi Asia-Afrika pada lebih dari setengah abad lalu.

“Pada tahun 1955, Indonesia jadi tuan rumah Konferensi Asia-Afrika di Bandung, sebuah pertemuan 29 negara yang baru merdeka yang di antaranya mewakili hampir setengah rakyat dunia,” kata Kim.

“Presiden Soekarno menantang para pemimpin agar tidak dipandu oleh ketakutan mereka. Saya kutip: dipandulah dengan harapan dan tekad, dipandulah dengan cita-cita dan, ya, dipandulah dengan impian,” ucap Kim menirukan Soekarno.

Kim menegaskan, impian Bank Dunia adalah memberantas kemiskinan. Menurutnya, dunia ini sudah mendekati target tersebut.

“Impian kita adalah dunia yang bebas dari kemiskinan, dan kita tidak pernah lebih dekat dari impian itu,” ujar pria kelahiran Seoul itu.

Namun, Kim mengingatkan agar para bangsa-bangsa serius melakukan investasi kepada rakyat mereka. Dia percaya bahwa kemajuan suatu negara terletak pada sumber daya manusia.

Baca juga: Pidato “Game of Thrones” Jokowi di Acara IMF-WB Dapat 2 Kali “Standing Applause”

Loading...