Kesehatan

Penyebab Diabetes Melitus Tipe 1 Yang Perlu Diketahui

diabetes melitus

Penyakit Diabetes mellitus merupakan penyakit pembunuh nomor 4 di Dunia Setelah Jantung, Stroke, dan Kanker. Penyakit ini memang sebagian besar diturunkan secara genetic dan melalui faktor tersebut peluangnya jauh lebih besar selain dari faktor gaya hidup.

Umumnya sebagian besar masyarakat mengetahui penyebab dari penyakit tersebut adalah seringnya mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis, khususnya di waktu malam hari. Akan tetapi hal tersebut meruapakan pemicu yang sebenarnya dapat dihindari agar tidak mengalami penyakit diabetes tersebut.

Lalu apa sebenarnya penyebab diabetes mellitus tipe 1? Sebelum mengetahui penyebabnya, maka perlu diketahui pengertian dari penyakit tersebut. Penyakit diabetes mellitus tipe 1 merupakan penyakit dimana pancreas tidak dapat memproduksi insulin untuk tubuh sehingga penderitanya harus disuntik insulin setiap harinya agar tetap dapat beraktifitas seperti biasa tanpa merasa lelah dan letih.

Penyakit ini dapat dikatakan penyakit kronis, karena penderitanya akan ketergantungan terhadap insulin yang disuntikkan atau biasa dikenal dengan istilah autoimun.

Fungsi dari hormon insulin ini adalah untuk mengontrol kadar gula dalam darah, sehingga bisa insulin yang diproduksi oleh pancreas kurang jumlahnya maka kadar gula darah pun akan meningkat sehingga terjadi penumpukan yang akhirnya menyebabkan penderitanya mengalami diabetes melitus tipe 1.

Secara umum penderita penyakit diabetes mellitus tipe 1 akan mengalami gejala-gejala seperti sering merasa lapar, sering ingin buang air kecil, sering haus dan sebagainya.

Jika sudah mengalami gejala tersebut segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui cara penangannya. Jika dibiarkan gejala tersebut akan memburuk, sehingga membuat komplikasi pada organ tubuh lainnya. Jika tidak dilakukan suntik insulin tubuh akan membuat lemak dan otot dalam tubuh diolah untuk menjadi energy sehingga tubuhnya pun akan mengalami penurunan berat badan.

Oleh karena itu disarankan untuk melakukan pengobatan dengan transplantasi sel-sel pancreas agar dapat memproduksi insulin secara normal dalam tubuh. Akan tetapi teknologi tersebut memang masih cukup tinggi biayanya dan hanya dapat dilakukan di luar negeri.

Oleh karenanya bagi penderita diabetes disarankan melakukan langkah pencegahan agar tidak terjadi hal tersebut dengan cara mengkonsumsi makanan yang simbang serta olahraga yang teratur dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Cara tersebut merupakan pencegahan jadi jika tidak melakukan hal tersebut tentunya kadar gula darah dapat naik kembali.

Jadi dapat disimpulkan untuk kamu atau orang tua kamu yang mengalami diabetes dan tidak ingin menurun kepada kamu sebaiknya mulailah olahraga teratur.

 

Loading...