Nasional

Netizen Gempar Ternyata Kak Emma Teman Firza Adalah Istri Lulung, Benarkah?

Emma
Foto Abraham Lulung Lunggana dan Emma istrinya menghias salah satu ruang di kantornya di DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Jakarta – Netizen kembali membicarakan sosok Emma, perempuan yang kerap disebut-sebut dalam percakapan diduga antara Firza Husein dengan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Namun pembicaraan kali ini lebih dalam, yakni terkait siapa Emma sesungguhnya.

Netizen menerka, Emma yang dimaksud adalah istri dari Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham “Lulung” Lunggana. Benarkah?

Terkaan netizen bermula dari pernyataan kuasa hukum Firza Husein, Azis Yanuar, yang mengatakan bahwa Emma adalah istri dari seorang tokoh keagamaan dan pernah menjadi petinggi ormas.

“Kalau saya pribadi tahu ya, tapi kayaknya sudah bukan petinggi deh. Petinggi ormas itu bisa juga partai ya,” kata Azis kepada Kompas.com, Selasa (21/2/2017).

Firza Husein

Firza Husein

Pernyataan tersebut juga diperkuat oleh ucapan Kabid Humas Polda Metro Kombes Argo Yuwono yang membenarkan bahwa Emma merupakan istri seorang tokoh. Meski demikian, Argo tidak merinci lebih lanjut tentang tokoh tersebut.

“Iya, ada-lah,” ujar Argo di Polda Metro Jaya, Senin (20/2).

Kemudian Netizen menghubungkan pernyataan kuasa hukum firza dan Kabid Humas Polda Metro tersebut dengan salah satu berita lawas di Tribunnews.

Berita bertanggal 14 Februari 2016 tersebut menceritakan tentang sosok bernama Emma Mutmainah, yang tak lain adalah istri dari Abraham Lunggana — akrab disapa Haji Lulung.

Berita berjudul “Cerita Cinta Lulung Lunggana dengan Emma Mutmainah” itu dibuat saat wartawan Tribunnews menyambangi kantor Haji Lulung selaku Wakil Ketua DPRD DKI jakarta, di Gedung DPRD, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Tertulis di berita tersebut tentang sebuah foto besar berbingkai hitam yang menghias ruang kantor. Foto tersebut tidak lain adalah Lulung dan istrinya yang mengenakan pakaian adat Betawi dan berlatar berwarna merah.

Emma

Foto Abraham Lulung Lunggana dan Emma istrinya menghias salah satu ruang di kantornya di DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

“Istri saya namanya Emma Mutmainah, wanita yang berjiwa tenang,” kata Lulung dengan mata yang berbinar, Jumat (13/2/2016).

Selanjutnya Lulung banyak bererita tentang kisah cinta dan awal pertemuannya dengan Emma yang akhirnya menjadi istrinya hingga sekarang.

Inilah artikel lengkap tentang Emma istri Haji Lulung yang dimuat Tribunnews, Minggu, 14 Februari 2016, berjudul ‘Cerita Cinta Lulung Lunggana dengan Emma Mutmainah‘.

Sebuah foto besar berbingkai hitam menghias ruang kecil di kantor Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham “Lulung” Lunggana, di Gedung DPRD, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Foto itu menunjukkan Lulung dan istrinya mengenakan pakaian adat Betawi dan berlatar berwarna merah.

“Istri saya namanya Emma Mutmainah, wanita yang berjiwa tenang,” ujar Lulung dengan mata yang berbinar, Jumat (13/2/2016).

Lulung mengatakan, ruang kecil itu adalah ruangan tempatnya bertukar pakaian atau ketika dia ingin beristirahat sejenak setelah mengikuti rapat di DPRD.

Foto itu diletakkan di ruang istirahatnya agar dia bisa melibat wajah istri jika ingin tidur.

Siapa sangka kisah Lulung dan Emma sudah dimulai sejak Lulung duduk di bangku 1 SMP.

“Dulu kami rumahnya hanya beda beberapa gang. Ulang tahun kita sama nih, sama-sama 24 Juli. Dia ulang tahun, saya juga. Waktu itu saya mengundang teman-teman untuk datang ke acara ulang tahun saya,” kata Lulung memulai cerita.

Ternyata, Emma juga merayakan hari ulang tahunnya di hari yang sama. Lulung pun diundang ke acara ulang tahun Emma.

Lulung sempat bingung karena teman-teman yang datang ke acaranya begitu cepat pulang setelah Lulung meniup lilin.

Mereka semua ternyata meninggalkan pesta Lulung dan datang ke ulang tahun Emma.

Akhirnya, Lulung pun ikut datang ke pesta tersebut setelah lilin di kuenya padam ditiup.

“Teman saya pada datang ke sana, ya sudah deh saya datang juga. Di sana saya lihat, rupanya cantik juga ya,” ujar Lulung.

Setelah pertemuan itu, Lulung dan Emma pun menjadi dekat. Mereka pun memutuskan berpacaran meski keduanya masih sama-sama sekolah.

Bukan kali pertama

Bukan pertama kali ini netizen mencoba menebak siapa sebenarnya sosok Emma.

Sekitar seminggu sebelumnya netizen juga sempat mengarahkan dugaannya tentang sosok Emma ini pada seorang wanita bernama Emma Rahmah Hasjim.

Dugaan itu berawal dari disebarnya foto Emma Rahmah bersama Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) oleh akun @LUMI4sure.

“is that you Kak Emma?” tulis akun @LUMI4sure.

Foto tersebut pun kemudian menjadi viral.

Beberapa hari kemudian, sosok perempuan berhijab itu menuliskan klarifikasi lewat akun Facebook-nya.

Emma Rahmah menjelaskan, kalau fotonya berdua dengan SBY tak ada kaitan sama sekali dengan Firza Husein. Emma mengungkapkan kalau ia hanya foto bersama saat pelantikan Presiden Jokowi.

Berikut klarifikasi lengkap Emma Rahmah:

Tadinya saya malas menanggapi, tapi makin banyak teman bertanya apakah emma yg seolah jadi teman curhat firza itu adalah emma saya..”

Tadinya saya malas menanggapi, tapi makin banyak teman bertanya apakah emma yg seolah jadi teman curhat firza itu adalah emma saya..

Ada fotonya juga..

Saya melihat fotonya aja langsung ketawa..

Sejak kapan saya punya tahi lalat didagu? Hidung saya juga lebih bulat dari emma itu..

Yg hebatnya lagi, foto saya bersama pak SBY tahun 2014 dulu itu disebar2kan seolah emma nya firza itu ada kaitan dg pak SBY..

Padahal foto saya itu diambil di Cikeas saat pak SBY pulang dari istana setelah serah terima jabatan dg pak Jokowi..

Tapi seperti biasa, saya maklum.. udah paham karena FITNAH ADALAH MAKANAN MEREKA SEHARI2 kan…

Antara Emma Rahmah dan Emma Lunggana

Jadi, Emma mana yang dimaksud? Apakah tebak netizen kali ini benar bahwa sosok Emma teman Firza adalah istri Haji Lulung?

Alangkah lebih baiknya untuk menunggu penyelidikan tuntas pihak kepolisian sebelum menduga-duga.