Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia

Dari seluruh negara-negara yang menghasilkan minyak bumi, terdapat negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Pada umumnya, kawasan yang memiliki kandungan minyak bumi yang melimpah yakni di sekitar rawa, lautan lepas, daratan yang tandus, dan di sekitar pantai. Minyak bumi tersebut terbentuk karena terjadinya proses peruraian pada bangkai hewan dan tumbuhan dalam jangka waktu cukup lama.

Daftar Negara Penghasil Minyak Bumi Terbanyak di Dunia

1. Rusia

Negara ini mempunyai jumlah cadangan kekayaan minyak bumi sejumlah 106 miliar barel. Sedangkan untuk produksi, setiap harinya dapat mencapai angka 11 juta barel. Diketahui bahwa Rusia menjadi salah satu dari tiga negara di dunia yang mampu menghasilkan 10 juta barel minyak bumi setiap harinya.

Dari hasil dan proses pengolahan yang dilakukan pada minyak bumi tersebut mampu memberikan setengah dari keseluruhan pendapatan dari negara tersebut. dengan demikian, kekayaan negara yang satu ini harus dijaga kelestariannya, karena memiliki potensi yang besar untuk menghidupi kebutuhan negara.

Editor terkait:

2. Kanada

Kekayaan minyak bumi yang ada di Kanada mampu bersaing dengan negara-negara lain. Cadangan minyak yang dimiliki oleh Kanada yakni sejumlah 171 miliar barel. Sebagian besar kekayaan alam tersebut berada di daerah Alberta, yaitu sejumlah 166 miliar barel.

Hanya dalam jangka waktu satu hari, Kanada mampu menghasilkan 5 juta barel minyak. Kanada juga diketahui merupakan negara yang paling aktif dalam produksi minyak. Minyak dari wilayah ini juga turut diekspor ke beberapa negara lain di dunia.

3. Venezuela

Meskipun negara ini sedang mengalami krisis ekonomi yang berkepanjangan, ternyata negara ini termasuk dalam negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Diketahui bahwa cadangan kekayaan minyak yang dimiliki mencapai 300.878 juta barel.

Sebelum mengalami keterpurukan ekonomi, Venezuela sempat mendapatkan banyak keuntungan dari hasil produksi minyak bumi, yaitu ketika dipimpin oleh Hugo Chavez. Akan tetapi, setelah merosotnya harga minyak dunia, perekonomian di negara ini ikut terdampak.

4. Arab Saudi

Minyak di negara telah ditemukan sejak tahun 1938. Berawal dari penemuan tersebut, kemudian menjadikan Arab Saudi mengalami kemajuan dan menjadi negara yang kaya. Cadangan minyak dari negara ini mencapai 266.455 juta barel.

Namun, jika ditelisik lebih detail, cadangan yang ada bisa melebihi jumlah tersebut. Akan tetapi, pada waktu-waktu terakhir negara ini berusaha untuk melepaskan ketergantungannya pada hasil minyak bumi, sebab harganya cenderung tidak stabil.

Editor terkait:

5. Irak

Negara ini juga memiliki cadangan kekayaan minyak yang melimpah, yakni sejumlah 142.503 juta barel. Irak memproduksi minyak mulai tahun 1929, yaitu sejak adanya Perusahaan Irak Petroleum. Namun demikian, Irak belum dapat merasakan kenikmatan secara penuh atas kekayaan tersebut.

Hal itu tidak lain disebabkan karena terjadinya kerusuhan dan perang yang terus saja terjadi di negara ini. Padahal dalam jangka waktu satu hari, negara ini bisa menghasilkan minyak sejumlah 4,6 juta barel.

6. Iran

Iran mempunyai cadangan minyak bumi sejumlah 158.400 juta barel. Perlu Anda pahami, negara tersebut telah melakukan penambangan kekayaan alam yang satu ini sejak tahun 1908 dan terhitung lebih dahulu jika dibandingkan dengan Arab Saudi.

Salah satu hal yang membedakan Iran dengan negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia lainnya yaitu ladang minyak yang ada di negara ini juga sekaligus menghasilkan gas. Disebabkan karena persaingan yang terjadi antara negara ini dengan Arab Saudi, sempat menimbulkan menurunnya harga minyak secara global.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Alam atau konten menarik lain di Jurnal Indonesia