Negara Penghasil Jagung Terbesar di Dunia

Jagung adalah tanaman yang keberadaannya tersebar luas di 70 Negara di Dunia. Amerika menjadi asal muasal kehadiran jagung di Dunia ini. Jagung menjadi makanan penting untuk memenuhi bahan makanan. Menurut data statistika, setiap Negara menghasilkan jagung dalam jumlah berbeda setiap tahunnya.

Daftar Negara Penghasil Jagung terbaik dan terbanyak di Dunia berdasarkan Data

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi negara penghasil jagung nomor satu di Dunia. Negara ini menghasilkan 381.780.890 ton. Jumlah panen ini didapatkan dari area pertanian seluas 35.106.050 hektar.

Amerika Serikat menerapkan metode teknik genetika, dimana jagung di Amerika serikat ini dimodifikasi menjadi tanaman yang tahan hama dan penyakit. Selain itu jagung di Negara ini juga dibuat sehingga mampu menyerap air lebih banyak dari jagung biasa pada umumnya.

Hal ini adalah salah satu penyebab hasil panen jagung di Negara ini selalu banyak setiap tahunnya. Negara ini pun kini menjadi Negara produsen jagung terbesar di dunia.

Editor terkait:

2. RR China

Republik Rakyat China menduduki posisi kedua menjadi Negara penghasil jagung terbesar di Dunia. Dimana pusat penanaman jagung-jagung ini adalah di Honan Barat, Kiagsu Utara, Hoang Ho dan Szeschuan Barat. Daerah-daerah ini menyumbang hasil panen jagung terbanyak untuk China.

Negara dengan posisi kedua di Dunia ini menghasilkan panen jagung sebanyak 254.000.000 ton dalam satu tahun. RR China memiliki luas area pertanian jagung yaitu 38.979.828 hektar.

3. Brazil

Negara yang memiliki julukan Negara terbesar di Amerika Selatan ini memiliki penduduk yang sepertiganya bekerja sebagai petani jagung. Tidak hanya melibatkan petani, di Brazil juga sudah menerapkan drone sebagai alat pengairan tanaman. Panen jagung di Brazil setiap tahun yaitu 64.143.414 ton pada lahan 14.958.862 hektar.

Brazil mampu memanfaatkan jagung ini sebagai bahan dasar pembuatan bahan bakar yang ramah lingkungan dan tidak melulu mengandalkan bio fosil. Selain itu Brazil memiliki dua kali musim tanam dan panen untuk jagung dalam satu tahun.

4. Argentina

Negara Argentina menghasilkan jagung sebanyak 39.792.854 ton pada area lahan seluas 5.346.593 hektar. Menurut data yang dihasilkan tersebut, Negara ini masuk ke dalam daftar Negara penghasil jagung terbesar di Dunia urutan ke 4.

Negara ini mulai memperluas area lahan pertanian untuk menanam jagung. Negara ini tidak hanya mengolah jagung menjadi bahan makanan, Argentina juga mengolah jagung ini menjadi bahan dasar pembuatan etanol.

5. Meksiko

Meksiko mampu menghasilkan jagung sebanyak 28.250.783 ton dalam satu tahun. Jumlah tersebut dihasilkan Meksiko dari lahan dengan seluas 7.598.086 hektar.

Selain menjadi Negara penghasil jagung terbanyak, Meksiko juga memiliki wilayah pertanian yang cukup bagus. Meksiko menempati urutan ke 5 menjadi Negara penghasil jagung terbanyak di dunia.

Editor terkait:

6. Ukraina

Negara inii melakukan rekayasa genetika pada jagung. Cara ini mampu membantu produksi jagung di Ukraina bertambah. Setiap tahunnya Negara ini terus memajukan inovasinya di bidang pertanian.

Ukraina kini mampu menghasilkan jagung sebanyak 28.074.610 ton. Lahan pertanian seluas 4.252.200 hektar ini dimanfaatkan dengan baik oleh Negara ini.

7. Indonesia

Pada tahun 2014 Indonesia pernah menduduki urutan ke 9 Negara penghasil jagung terbesar di dunia. Kini Indonesia berhasil meningkatkan produksi jagungnya dan masuk menjadi nomor urut 7 di dunia. Hasil panen Indonesia dapat mencapai sekitar 20.369.551 ton setiap tahun.

Indonesia memiliki luas wilayah pertanian jagung yaitu 3.792.839 hektar. Sebagian besar produk jagung dari Indonesia ini dimanfaatkan untuk bahan makanan dan bahan pakan untuk diberikan kepada ternak.