Negara Penghasil Gas Alam Terbesar di Dunia

Gas alam merupakan dari kebutuhan hidup seluruh orang di alam semesta ini. Bahkan bisa dikatakan semua kegiatan yang dilakukan bergantung dengan keberadaannya. Seperti untuk penerangan, bahan bakar, dan masih banyak lagi. Namun, tahukah Anda dimana negara penghasil gas alam terbesar di dunia? berikut penjelasannya.

Daftar Negara penghasil gas alam terbanyak dan terbaik di dunia

1. Iran

Iran merupakan bagian dari daftar negara penghasil gas alam terbesar di dunia. Lokasinya yang berada di kawasan timur tengah menjadikan banyak sekali potensi gas alam yang terkandung di dalamnya. Bahkan  dalam satu tahun bisa menghasilkan sekitar 162,6 per meter kubik. Tidak heran jika kemudian menjadi salah satu pengimpor utama yang ada untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dunia.

Bahkan hingga saat ini cadangan gas alam yang dimilikinya masih berkisar 1.202 triliun kubik. Sedangkan untuk ekspor yang dilakukannya sekitar 6,8 miliar meter per kubik setiap tahunnya. Keadaan ini menjadi salah satu penyumbang terbesar dari pendapatan pe kapita negaranya. Sehingga juga dinobatkan sebagai salah satu wilayah dengan jumlah hidrokarbon paling banyak di dunia.

Editor terkait:

2. Qatar

Qatar juga merupakan pemasok terbesar lainnya yang berada di wilayah Timur Tengah. Saat ini dinobatkan sebagai peringkat ketiga penghasil dengan cadangan terbesar yang ada di Dunia. Bahkan karena keberadaannya sangat melimpah tercatat hampir 60% pendapatan domestic brutonya berasal dari ekspor gas alam dan juga minyak. Hingga saat ini proyek pengembangan untuk terus dilakukan.

Di Qatar gas alam tidak hanya digunakan sebagai bahan bakar saja namun juga untuk pengelolaan makanan ternak. Seperti halnya produksi makanan berprotein tinggi untuk sapi, unggas, dan juga ikan. Dengan itu kemudian menjadikannya sebagai Negara yang berhasil mengekspor makanan hewan dengan biaya lebih murah yaitu dengan penggunaan budidaya kultur bakteri melalui olahan gas alamnya.

3. Kanada

Selain daratan Timur Tengah juga ada daratan Eropa yang juga banyak menghasilkan gas alam, salah satunya yaitu Kanada. Pengembangan pertambangan perminyakan di wilayah ini telah lama berlangsung, namun banyak sekali kendala yang dilalui. Hingga pada tahun sekitar 1904 dilakukan  pengembangan pengeboran sumur gas di beberapa daerah bagiannya salah satunya sekitar Medicine Hat.

Tercatat selama beberapa tahun ini ekspor dan juga produksinya mengalami penurunan. Mulai dari 80,275.000 kubik turun ke angka 75,748.000 kubik per tahunnya. Namun, saat ini produksinya sudah mulai stabil lagi. Saat ini untuk jumlah cadangan yang dimilikinya sekitar 58 triliun kubik. Oleh karenanya saat ini bisa masuk dalam golongan Negara dengan cadangan terbesar ke dua setelah daerah di timur tengah.

4. Amerika Serikat

Sebanyak 33 persen jumlah cadangan gas alam yang telah di olah di Negara Amerika Serikat mulai sekitar bulan Juli 2015. Saat ini posisinya berada di uritan ke lima pemegang jumlah rekor produksi per tahun di seluruh dunia. Jumlah yang dihasilkan per tahunnya bisa lebih atau sama dengan 25,3 triliun kubik.

Sedangkan untuk cadangan gas alam yang dimilikinya hingga saat ini tercatat kurang lebih sekitar 324,4 triliun kubik. Sehingga tidak heran bisa menempatkannya menjadi salah satu memasok terbesar di Eropa, selain Kanada dan juga Rusia.

Editor terkait:

5. Rusia

Negara penghasil gas alam terbesar di dunia juga berasal dataran Eropa yaitu Rusia. Saat ini cadangan yang dimilikinya menempati sekitar 20% jumlah total dunia atau sekitar 38 triliun kubik. Sekitar 236,9 miliar kubik dikeluarkan untuk transaksi ekspor ke wilayah lain.

Sebagai satu keunggulan yang dimilikinya sehingga menjadikan masuk ke dalam daftar pemasok gas alam terbesar adalah karena pengelolaannya yang efisien. Diketahui bahwa sistem yang digunakan menggunakan biaya yang murah sehingga keuntungan hasil produksinya juga banyak.