Negara Penghasil Gandum Terbesar di Dunia

Gandum menjadi produk yang tidak terpisahkan dalam pembuatan tepung terigu. Yang mana tepung terigu sangat banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari seperti membuat ayam krispi, adonan mi, roti, dan lain-lain. Alasannya karena terdapat kandungan gluten di dalam bulir gandum. Untuk menambah ilmu, mari simak daftar 6 negara penghasil gandum terbesar di dunia di bawah ini.

Simak 6 Negara Penghasil Gandum terbanyak dan terbaik di Dunia

1. Rusia (83 juta metrik ton)

Rusia merupakan mantan anggota dari Uni Soviet yang menguasai dua puluh persen pasar gandum dunia. Negara ini mulai menanam gandum dari bulan Agustus sampai Oktober dan mulai memanen di tahun berikutnya yakni di bulan Juli sampai Agustus.

Konsumsi tahunan warga Rusia sebesar 44 juta metrik ton. Dan banyak gandum yang bisa diproduksi sebanyak 83 juta metrik ton. Kini, Rusia mampu mengekspor produksi gandumnya sebesar 39 juta metrik ton.

2. Iran (16,8 juta metrik ton)

Iran merupakan daerah asal tanaman serealia gandum hidup. Alasan gandum dari negara ini bisa dikatakan berkualitas karena memiliki tanah yang subur dan sistem irigasi yang bagus. Sehingga negara ini pun dapat memanen hingga 16,8 juta metrik ton gandum.

Semakin majunya perekonomian di Iran akan membuat teknologi pertanian negara ini meningkat sehingga produksi gandum tiap tahun bisa semakin banyak.

Editor terkait:

3. Amerika Serikat (52 juta metrik ton)

Selain sebagai salah satu negara penghasil gandum terbesar di dunia, Amerika Serikat juga menjadi salah satu negara konsumen gandum terbanyak di dunia. Negara ini mampu memproduksi sebanyak 52 juta metrik ton tiap tahunnya.

Diperkirakan, ekspor gandum untuk tahun 2021 akan meningkat menjadi 27 juta metrik ton. Di samping, setengah produksinya yang dikonsumsi oleh warganya. Kemungkinan, devisa yang didapat dari mengekspor gandum sebesar 13,5 miliar USD.

4. Kanada (36 juta metrik ton)

Meskipun Kanada termasuk negara yang memiliki iklim lebih dingin dari negara subtropis lain, negara ini mampu memproduksi sebanyak 36 juta metrik ton tiap tahunnya. Negara ini pun mengonsumsi hasil panennya sebanyak 11,8 juta metrik ton per tahun sebagai makanan pokok.

Walaupun begitu, masih banyak yang bisa untuk diekspor dan menambah devisa negara. Dan macam gandum dari negara ini pun juga cukup bervariasi karena dihasilkan dari empat daerah yang berbeda.

5. China (133 juta metrik ton)

China merupakan negara di benua Asia yang memiliki hasil produksi terbanyak di dunia. Negara ini mampu memproduksi sebanyak 133 juta metrik ton per tahun di atas lahan 24 juta hektar. Hasil produksi ini juga didukung dengan teknologi pertaniannya yang tinggi.

Karena warganya lebih memilih memakan nasi sebagai makanan pokok, sehingga serealia ini diekspor dalam jumlah besar untuk menambah devisa negara.

Editor terkait:

6. Argentina (19,5 juta metrik ton)

Selain terkenal dengan sepak bola, negara ini juga terkenal sebagai penghasil gandum terbanyak di dunia. Negara ini dikaruniai tanah yang subur dan curah hujan yang baik sehingga menghasilkan banyak produksi pertanian serta perkebunan yang berkualitas tinggi.

Negara ini mampu memproduksi sebanyak 19,5 juta metrik ton gandum per tahun yang dibantu dengan sistem pertaniannya yang maju dan budaya bertani yang kental. Yang mengejutkan, negara penghasil gandum terbesar di dunia ini menjadi yang pertama dalam penyetujuan peningkatan produksi gandum dari hasil rekayasa genetika.