Sport, Taekwondo

Momen Manis Defia Rosmaniar dan Jokowi Usai Raih Emas Pertama

Defia Rosmaniar dan Presiden Jokowi
Presiden Jokowi bersama Defia Rosmaniar, atlet Taekwondo putri peraih medali emas pertama untuk Indonesia. (Foto: Liputan6)

Jurnalindonesia.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi saksi keberhasilan Defia Rosmaniar menyumbangkan medali emas pertama untuk Indonesia dari cabang taekwondo pada Asian Games 2018, di Plenary Hall, Jakarta Convention Hall (JCC), Senayan, Minggu (19/8/2018)..

Sepanjang menyaksikan pertandingan dari satu sesi ke sesi lainnya, Jokowi tampak sangat antusias. Dia pun selalu memberikan tepuk tangan saat tim dari Indonesia beraksi.

Jokowi makin bersemangat saat partai final nomor poomsai tunggal putri, yang mempertemukan atlet Indonesia, Defia Rosmaniar melawan wakil Iran, Marjan Salahshouri.

Para penonton yang hadir pun yakin, kedatangan presiden akan membuat atlet lembih termotivasi.

“Saya yakin kehadiran presiden akan membawa keberuntungan bagi Indonesia di final. Pasti dapat emas. Soalnya, kedatangan kepala negara bisa membuat motivasi atlet lebih tinggi lagi untuk meraih prestasi,” kata salah seorang penonton, seperti dikutip Bola.com.

Dan ternyata terbukti, Defia berhasil meraih medali emas setelah menang dengan skor 8.690 – 8.470. Setelah menyabet emas, Defia berlari mengibarkan bendera Merah Putih, memeluk sang pelatih, dan menghampiri Jokowi yang ada di tribune VIP.

Defia pun langsung bersalaman dengan Jokowi, dengan mata berlinang air mata. Ekspresi Defia begitu luar biasa karena ia mencetak dua sejarah sekaligus, yakni sebagai peraih emas pertama untuk Indonesia di Asian Games 2018 dan emas pertama untuk Indonesia dari cabang taekwondo sepanjang sejarah Asian Games.

“Tadi Pak Jokowi memberikan ucapan selamat dan sukses,” kata Defia kepada wartawan.

Baca: Sumbang Medali Emas Pertama untuk Indonesia, Defia Teteskan Air Mata

Defia

Defia memeluk sang pelatih usai berhasil meraih medali emas. (Foto: Grandyos Zafna/detikSport)

Melalui akun Facebook resminya, Presiden Jokowi mengucapkan selamat atas keberhasilan Defia.

“Selamat kepada Defia Rosmaniar, atlet taekwondo putri yang meraih medali emas pertama Asian Games 2018 untuk Indonesia. Saya menyaksikan langsung Defia mengalahkan atlet Marjan Salahshouri dari Iran di Plenary Hall JCC, Jakarta, sore ini,” tulis Jokowi.

“Sekali lagi, selamat kepada Defia dan kepada para pelatih. Rakyat Indonesia bangga padamu,” lanjutnya.

Dalam pertandingan itu, selain Presiden Jokowi, hadir pula Perdana Menteri Korea Selatan Lee Nak-yeon, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi dan Menpora Malaysia, Syed Saddiq Abdul Rahman.

Jokowi mengalungkan medali emas kepada Defia Rosmaniar

Jokowi mengalungkan medali emas kepada Defia Rosmaniar. (Foto: Reuters)

Loading...