Female

Menciptakan Suasana Keluarga yang Harmonis dan Bahagia

Mempunyai anak-anak yang pintar pastilah menjadi kebanggan tersendiri untuk kita. Melihat mereka berkembang dengan baik di sekolah memang menjadi prestasi sendiri bagi setiap orang tua.

Tetapi, pernahkan anda memperhatikan kebahagian anak-anak anda?

Pintar memang anugerah yang tak terkira namun kebahagian sebenarnya jauh lebih penting dari segalanya. Karena jika anak-anak anda tidak bahagia maka bisa berdampak pada psikologi dan kesehatannya.

Seperti, meningkatkan stress dan bahkan anak anda bisa jatuh sakit. Maka anda dan pasangan anda kini perlu memperhatikan keharmonisan yang ada di rumah anda. Sehingga, keluarga bahagia pun akan tercipta didalam rumah Anda.

Menjaga Baik Komunikasi

Bukan hanya dalam sebuah hubungan yang harus menjaga komunikasi. Sebuah keluarga pun harus menjaga komunikasi agar semuanya tetap pada tempatnya. Artinya tidak ada kesalahpahaman dan semuanya akan lebih mengerti satu sama lain pada setiap anggota keluarga. Selain dengan pasangan anda, dengan anak-anak anda pun komunikasi harus tetap terjaga. Misalnya dengan mendiskusikan segala sesuatu secara musyawarah. Kemudian manfaatkan waktu berkumpul anda sebaik mungkin. Jika perlu kesampingkan gadget, lebih fokuskan pada obrolah antar individu dalam keluarga. Agar suasana menjadi lebih santai dan hangat maka hidangkan cemilan dan teh sariwangi. Maka suasana mengobrol pun akan lebih rileks.

Saling Menghargai Perbedaan Pendapat

Terkadang kita sebagai orang tua selalu menganggap apa yang kita katakan kepada anak adalah kebenaran. Padahal belum tentu kita mempunyai pendapat yang benar. Untuk itu belajarlah untuk menghargai pendapat anak anda. Meskipun mereka mempunyai pendapat yang berlawanan, tapi baiknya anda dengarkan pendapat tersebut hingga selesai. Kemudian sama-sama mencari jalan tengah, apa baiknya dari pendapat anda, dan apa baiknya pendapat anak anda. Usahakan untuk tidak menggunakan emosi. Karena emosi hanya akan membuat suasana menjadi canggung.

Ciptakan Momen Bersama

Memang terkadang sangat sulit mencari waktu luang dimana semua anggota keluarga bisa berkumpul. Namun usahakan untuk membuat jadwal kapan saatnya anggota keluarga bisa meluangkan waktu dan pergi liburan bersama. Pergi liburan tak harus keluar negeri, cukup makan bersama di suatu tempat juga bisa membuat hubungan lebih intense. Apalagi sekarang banyak tempat wisata yang menawarkan hal-hal yang unik dan berbeda. Usahakan untuk menciptakan momen yang lucu atau pun berbeda di setiap waktu liburan. Dengan begitu kenangan kebahagagian pun akan tercipta dan terkenang hingga nanti.