Female

Makanan Untuk Bayi Usia 7 sampai 9 Bulan

Bagi pasangan yang baru menikah, memiliki seorang anak adalah kebahagiaan yang tiada tara. Segala hal dilakukan demi anak, bahkan bunda rela menghabiskan waktu bersama sanga anak tercinta karena itulah yang dibanggakan. Akan tetapi, terkadang bunda yang baru pertama kali memiliki seorang anak belum memiliki pengalaman dan perlu bimbingan untuk dapat merawat anaknya terutama ketika masih bayi. Ketika bayi berusia 0 sampai 6 bulan, mungkin bisa saja normal karena kapasitas alat pencernaan bayi masih labil dan masih menggunakan ASI sebagai sumber energy. Namun ketika bayi sudah berumur di atas 6 bulan, tentunya sudah menggunakan pendamping ASI dan berat badan bayi pun akan cepat bertambah. Penting untuk bunda ketahui jika berat badan bayi ideal untuk usia 7 sampai 9 bulan adalah 8 kg sampai 8,9 kg. Tidak terlalu banyak yang bertambah karena bayi sudah mulai tumbuh dan berkembang.

Nah jika ukuran berat badan bayi ideal belum terpenuhi, maka bunda harus melakukan berbagai cara untuk supaya berat badan bayi bisa normal seperti bayi lainnya. Selain ASI, pada usia 7 sampai 9 bulan bayi sudah bisa diberi asupan makanan tambahan pendamping ASI. Nah jika bunda bingung makanan seperti apa yang baik untuk anak usia 7 sampai 9 bulan, maka sekarang tak perlu bingung, karena kami akan berbagai untuk bunda yang mencintai bayinya. Adapun makanan pendamping ASI untuk usian ini yaitu dengan memperkenalkan bubur yang terbuat dari beras. Jika ingin yang aman, bunda bisa membuat tepung beras sendiri dan membuat bubur beras sesuai produk sendiri. Selain karbohidrat, pada bayi usia ini bisa juga mulai untuk dikenalkan dengan sayuran, namun pembuatannya harus benar-benar lembut supaya mudah dicerna oleh bayi.

Adapun karbohidrat yang bisa bunda berikan terhadap bayi bunda diantarnaya yaitu ubi jalar merah, kentang, labu kuning, jagung manis, dan beras merah ataupun beras putih. Sedangkan sayuran yang bisa bunda berikan diantaranya yaitu wortel, tomat, brokoli, kembang kol, buncis, dan juga bayam. Namun bunda perlu ingat, bahwa semua bahan tersebut mesti disajikan dalam bentuk yang lembut seperti dibuat bubur ataupun yang lainnya.