Kriminal

Kabar B.J. Habibie Meninggal Dunia, Ini Penjelasan Resmi The Habibie Center

B.J. Habibie bersama Presiden Joko Widodo
B.J. Habibie bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jurnalindonesia.id – Masyarakat digemparkan oleh kabar wafatnya mantan Presiden B.J. Habibie. Kabar yang tak jelas sumbernya itu beredar lewat pesan berantai seperti Whatsapp dan Blackberry Messenger sejak Kamis (30/03/2017) pagi.

Tak ayal, masyarakat pun kemudan merespon kabar tersebut dan mengaku tidak percaya.

Memang, kabar kematian presiden ketiga Republik Indonesia itu adalah bohong belaka alias hoax.

Lewat akun Twitter resminya, @habibiecenter, The Habibie Center menepis kabar tersebut.

The Habibie Center menuliskan, kondisi mantan B.J. Habibie dalam keadaan sehat.

“Alhamdulillah Bapak/Eyang Habibie sehat walafiat.  Semoga Eyang sehat selalu. #BJH80andstrong #panjangumur.” tulis akun tersebut.

Kabar kematian Habibie ini bukanlah yang pertama kali.

Sebelumnya, di awal Januari 2017 lalu, juga muncul kabar serupa lewat pesan berantai. Pesan duka itu begitu cepat menyebar di media sosial hingga menuai banyak respons di kalangan netizen.

“Innalillahiwainnailahirajiun. Indonesia berduka atas kembalinya ke haribaan Allah SWT, Bapak Prof. Dr. Baharuddin Jusuf Habibie, mantan Presiden RI. Jasa dan pengorbanan Bapak akan menjadi amal jariah Bapak bagi rakyat, bangsa, dan negara ini. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah Bapak dan memberi tempat yang damai dan bahagia buat Bapak di alam sana,” bunyi pesan berantai tersebut.

Akun Twitter resmi The Habibie Center langsung menepis kabar bohong tersebut.

Direktur Eksekutif Habibie Center Rahimah Abdulrahim langsung menepis kabar tersebut. Ia mengatakan, saat itu, Habibie tengah mengisi kuliah umum di dua kota di Jerman, yakni Hamburg dan Muenster. Bahkan, lewat akun Facebook dan Instagram, The Habibie Center memajang foto Habibie yang tengah mengenakan jaket hitam dan topi koboi cokelat sedang tersenyum di sebuah jalan.

“Alhamdulillah Bapak BJ Habibie dalam keadaan sehat walafiat. Beliau masih di Jerman sesudah merayakan Tahun Baru dengan cucu-cucu beliau #bjh80,” seperti dikutip dari akun The Habibie Center, Rabu, 4 Januari 2017.

“Kemarin beliau jalan-jalan di Jerman. Beliau di Jerman untuk menyampaikan beberapa pidato di Hamburg dan Muenster. Terima kasih atas perhatiannya,” tulis @habibiecenter lewat akun Facebook-nya.

 

Loading...