Ekonomi dan Bisnis

Kiat Sukses Mengelola Keuangan Bagi Para Pekerja Freelance

Beberapa tahun belakangan ini, pekerjaan freelance semakin banyak diminati. Karena pekerjaan yang satu ini membuat kita bisa mengatur waktu secara fleksibel. Tanpa harus dibebani oleh risiko kemacetan, semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik meskipun tidak pergi ke kantor.

Sayangnya, masih banyak pekerjan freelance yang kurang cermat mengelola keuangan. Sehingga hal ini mengakibatkan kondisi keuangan menjadi tidak stabil. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya para pekerja freelance menyimak beberapa kiat pengelolaan keuangan berikut ini :

Jangan Bermalas-malasan Saat Bekerja

Mungkin kita pernah bermalas-malasan saat bekerja karena menganggap bahwa tabungan kita sudah mencukupi untuk biaya hidup beberapa waktu ke depan. Padahal pekerjaan freelance tentu berisiko membuat kondisi finansial jadi tidak stabil. Jika hari ini kita mendapatkan banyak pekerjaan, belum tentu hal tersebut akan berlangsung terus selama beberapa waktu ke depan.

Selalu Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat memang menjadi salah satu penyelamat bagi pekerja freelance. Ketika ada kebutuhan tak terduga atau saat pekerjaan sedang tidak banyak, maka kita bisa memanfaatkan dana darurat tersebut. Jadi, usahakan untuk selalu memiliki dana darurat dengan jumlah yang cukup untuk kebutuhan hidup selama minimal 3 bulan ke depan.

Menyiapkan Investasi yang Tepat

Sebaiknya kita tidak terlalu sibuk bekerja sampai lupa untuk berinvestasi. Sebab investasi sangat penting untuk menjaga nilai uang kita. Salah satu cara paling mudah untuk berinvestasi adalah Mekar.id. Dengan konsep p2p lending, kita dapat meminjamkan dana kepada pihak pengembang UKM yang membutuhkan tambahan modal.

Mekar.id akan membantu kita untuk menempatkan dana investasi bagi pihak yang tepat. Bukan hanya kita yang akan memperoleh keuntungan investasi dalam jangka waktu tertentu, sejumlah UKM di Indonesia juga dapat mengembangkan bisnis menguntungkan secara maksimal dengan prospek yang cemerlang.

Tabungan Pensiun Juga Tak Kalah Penting

Semua pekerja akan memasuki masa pensiun di masa mendatang. Itulah sebabnya tabungan pensiun sangat penting untuk dipersiapkan, terutama bagi para pekerja freelance. Tabungan yang bisa dicairkan di masa pensiun ini akan membuat kondisi finansial kita tetap stabil meskipun sudah pensiun. Jangan merasa terbebani jika harus menyisihkan sebagian pendapatan untuk tabungan pensiun secara rutin.

Pengelolaan keuangan yang dilakukan secara cermat akan membuat pekerja freelance memiliki masa depan yang cemerlang. Tak perlu khawatir lagi dengan kebutuhan hidup bila kita sudah melakukan pengelolaan keuangan yang teliti dan modern.