Female

Kiat Mendirikan Usaha Es Buah

peluang bisnis es buah rumahan

Siapa sih yang tak suka es buah? Minuman ini begitu menyegarkan dan juga sehat karena dibuat dari buah-buahan alami yang banyak vitaminnya. Biasanya es buah menggunakan mangga, pepaya, bengkuang, jeruk, apel, anggur dan alpukat. Kemudian dicampur dalam ramuan air dengan sirup atau pun susu kental manis. Minuman ini sangat nikmat dikonsumsi siang hari saat matahari begitu terik membuat orang kehausan di cuaca yang panas.

Nah dengan begitu tingginya minat masyarakat akan es buah, tentunya ini dapat menjadi peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Apalagi jika berjualannya di tempat yang banyak orang lalu lalang di saat panas terik matahari melanda. Bisa juga berjualan di depan sekolah, sehingga anak-anak sekolah bisa jajan minuman segar yang sehat. Lokasi lain yang potensial adalah di pinggir pantai, tempat wisata dan kota yang gersang penuh kesibukan. Anda bisa juga menitipkan barang dagangan Anda ke orang lain, sehingga cukup fokus ke pembuatannya saja. Asal bisa membuat es buah yang segar dan nikmat tiada tara.

Berikut ini adalah beberapa langkah jitu untuk membangun bisnis es buah.

  1. Seperti telah disinggung sebelumnya, lokasi merupakan faktor yang penting dalam berjualan es buah. Jadi ternyata bukan bisnis properti saja ya yang harus mempertimbangkan lokasi, lokasi dan lokasi. Demikian juga dengan es buah, Anda harus memperhitungkan lokasi yang memang cocok untuk berjualan, misalnya tempat yang panas dan membuat orang mudah terpicu untuk membeli minuman segar. Namun bisa juga dimulai dengan memanfaatkan halaman atau teras rumah sendiri. Jika lokasi rumah tidak strategis, bisa juga menyewa tempat atau stand di depan mini market.
  2. Demi menunjang produksi es buah, tentu saja Anda harus memiliki peralatan yang lengkap. Seperti pisau untuk memotong buah-buahan, mangkok untuk menampung potongan buah, toples kaca, dan plastik dan lain-lain.
  3. Resep agar es buah enak dan digemari adalah menggunakan bahan-bahan yang bermutu. Oleh karena itu siapkan buah-buahan yang segar dan manis. Anda bisa juga menambahkan bahan lain seperti cincau, puding, nata de coco dan lain sebagainya.
  4. Beli buah-buahan di pasar tradisional atau langsung ke pemilik kebun buah agar mendapatkan buah yang segar dan murah. Bila sudah langganan dan memiliki koneksi tetap, maka Anda pun bisa meminta mereka untuk menjadi pemasok tetap. Biasanya mereka mau memberikan layanan antar, sehingga Anda tak perlu repot lagi ke pasar, biaya transportasi pun dapat dihemat dan waktu bisa digunakan untuk hal yang lain.
  5. Mutu buah-buahan harus terus dijaga. Jangan sampai lengah dalam pengecekan bahan baku sehingga memakai buah-buahan yang hampir busuk. Hal ini dapat berpengaruh pada rasa es buah. Jika sampai ada pembeli yang merasakan buah tak enak, bisa jadi mereka akan berhenti membeli es buah Anda, dan yang lebih parah adalah menceritakan pengalaman tak enaknya ke orang lain. Sehingga reputasi pun menurun.
  6. Sesuaikan jumlah buah yang dipotong dengan es buah yang diproduksi. Anda pun harus bisa menyesuaikan banyaknya es buah dengan perkiraan permintaan es buah yang ada. Ini karena buah yang telah dikupas akan lebih mudah busuk. Jadi jangan sampai berlebih menyiapkan buah.
  7. Inovasi dan variasi itu penting. Tentu akan lebih seru jika Anda memiliki pilihan rasa es buah. Jadi kumpulkanlah resep-resep es buah beraneka rasa. Anda bisa mencoba membuat es klorofil misalnya, selain rasanya yang enak juga sehat dan disukai banyak orang. Nama es buah pun dapat disesuaikan dengan kreatifitas Anda, misalnya es klorofil Anda ganti menjadi Es Hijau Giok. Susun juga variasi menu es buah yang Anda jajakan untuk memudahkan pelanggan memilih.

Demikianlah beberapa tips untuk mendirikan usaha rumahan ibu rumah tangga berupa usaha es buah.