Teknologi

Ketik “BFF” untuk Cek Keamanan Akun Facebook Hoaks, Ini Penjelasannya

hoax tulis BFF
Salah satu postingan yang mengajak untuk menuliskan huruf 'BFF'

Jurnalindonesia.co.id – Beberapa minggu terakhir pengguna Facebook ramai-ramai mengetik “BFF” di kolom komentar. Hal ini diklaim untuk mengecek keamanan akun Facebook.

Jika warna tulisannya berubah menjadi hijau, maka akun tersebut dianggap aman. Namun jika warnanya tetap hitam, akun dianggap tidak aman atau ada kemungkinan bisa diretas.

Hal ini kemudian menjadi viral dan imbasnya kata “BFF” berserakan di kolom komentar.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, menemukan kata BFF untuk menyakinkan akun anda aman di Facebook,” demikian tertulis pada postingan yang mengajak untuk mengetik “BFF” itu.

Ketik BFF di komentar. Jika terlihat hijau, akun Anda dilindungi. Jika tidak muncul dalam warna hijau, ubah kata sandi Anda segera karena mungkin diretas orang. #copied,” lanjut penjelasan dari postingan tersebut.

Awalnya postingan tersebut beredar dalam bahasa Inggris, namun kemudian banyak yang menerjemahkan ke Bahasa Indonesia hingga akhirnya ramai dilakukan netizen di tanah air.

Ternyata, postingan tersebut cuma hoaks belaka. Kata “BFF” bisa berubah warna lantaran fitur Facebook bernama ‘Text Delight’, sebagaimana dikutip dari akun CkJustin di Medium.

Fitur ‘Text Delight’ itu memungkinkan kata-kata tertentu muncul di Facebook dalam warna berbeda. Beberapa bahkan diikuti animasi tertentu.

Selain “BFF”, ada kata-kata kunci lain yang dispesialkan pada fitur “Text Delight”. Di antaranya “best wishes”, “you got this”, “rad”, “congratulations”, “xoxo”.

Tak hanya warna hijau, kata-kata kunci tersebut juga memiliki efek warna berbeda-beda. Antara lain merah muda, ungu, kuning, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana bisa tulisan “BFF” berubah menjadi hijau, namun ada juga yang tetap hitam? Hal ini cuma soal pemutakhiran layanan, tak ada hubungannya dengan keamanan akun.

Jika Anda sudah memperbarui aplikasi Facebook atau peramban, kemungkinan besar Text Delight sudah bisa dijajal. Jika belum, fitur kata warna-warni itu tak bisa dinikmati.

Loading...