Daerah, DKI Jakarta

Jelang Kedatangan Anies, Tenda 11 Keluarga di Kampung Akuarium Digusur Paksa

Petugas Satpol PP membongkar paksa tenda darurat warga
Petugas Satpol PP membongkar paksa tenda darurat warga Kampung Akuarium yang tersisa. (Foto: Poskota/deny)

Jurnalindonesia.co.id – Tenda 11 keluarga di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, digusur paksa petugas kecamatan dan Satpol PP, Selasa (29/5/2018). Tak hanya itu, mereka juga dituding sebagai provokator karena menolak dipindah ke shelter.

Salah seorang korban penggusuran menilai, pembongkaran tersebut dilakukan karena akan adanya kunjungan Gubernur DKI, Anies Baswedan, ke Kampung Akuarium, Rabu (30/5/2018) sore. Kunjungan itu untuk meresmikan mushola sekaligus buka puasa bersama warga.

“Mereka (petugas kecamatan, red) kalap dan biar dibilang kerja sama pimpinan, maka itu tenda yang tempat tinggal kami ini dibongkar paksa. Pemerintah sendiri nggak memberikan solusi, padahal puluhan tahun sudah kami tinggal di sini,” ucapnya.

Namun, camat Penjaringan, Muhammad Andri, membantah anggapan bahwa pembongkaran tenda darurat karena rencana kedatangan Anies Baswedan ke Kampung Akuarium. Menurutnya, itu cuma kebetulan saja waktu pembongkaran bertepatan dengan rencana akan kedatangan Gubernur.

Pembongkaran tenda serta bangunan tersisa di Kampung Akuarium, Selasa (29/5/2018). (Foto: TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino)

“Sebenarnya kita sudah mau bongkar, Pak Gubernur juga tadinya tanggal 6, cuma ini dimajuin (jadwalnya),” ucap Andri.

Andri pun mengaku pihaknya telah memberi toleransi. Surat peringatan diberikan kepada 11 keluarga Kampung Akuarium tersebut.

“Lurah udah ngasih surat dua kali, saya kemarin juga ngasih surat lagi, sudah dikasih tahu dari beberapa bulan yang lalu, sudah tiga bulanan yang lalu kita kasih tahu. Tapi mereka nggak mau pindah-pindah juga,” ucapnya.

“Kita tolerir lama-lama nggak mau pindah, ya udah (dibongkar). Kan sudah disiapin semua kok masa iya nggak pindah-pindah juga. Kalau begitu kan gimana mau jalan program,” tutup Andri.

POSKOTANEWS.COM

Loading...