Daerah, Ekonomi dan Bisnis, Papua Barat

Istana Bantah Harga BBM di Papua Cuma Turun Saat Jokowi Blusukan ke Papua

Foto: pegbintangkab.go.id

Tokoh agama di Papua, Pastor John Djonga, mengatakan bahwa kebijakan bahan bakar minyak (BBM) satu harga di Papua belum berjalan sepenuhnya terealisasi. Menurutnya, harga BBM di Papua turun setara dengan di Jawa hanya pada saat Presiden Joko Widodo blusukan ke wilayah paling timur RI tersebut. Namun, tidak lama setelah Jokowi meninggalkan Papua, harga BBM kembali melonjak.

Menanggapi hal itu, Staf Khusus Presiden, Lennys Kogoya, membantahnya.

“Dia surveinya kapan itu? Enggak begitulah, salah itu. Harganya normal, kok,” ujar Lennys kepada Kompas.com, Selasa (19/12/2017).

Lennys menjelaskan, sejak Pertamina memperbaiki sistem distribusi BBM pada 2016, harga BBM di seluruh Papua sama seperti di Pulau Jawa.

Ia pun sering mengecek sendiri stabilitas harga BBM di tanah kelahirannya. Hasilnya normal.

Lennys meminta Pastor John menjelaskan secara rinci, di daerah Papua mana yang harga BBM-nya tidak sama seperti di Pulau Jawa. Ia berjanji langsung melaporkannya kepada Presiden.

“Coba dia kasih lengkap. Tunjukkan di kabupaten mana? Di distrik mana yang harganya naik?” lanjut Lennys.

Saat Kompas.com menghubungi Lennys, ia mengaku sedang berada di Wamena, Papua. Bahkan, Lennys yang sedang dalam perjalanan spontan bertanya kepada sopir mobil yang ia tumpangi soal harga BBM di Papua.

“Adik, harga bensin sekarang berapa?” tanya Lennys kepada sopir.

“Itu kan, normal. Ini sopir orang asli sini ya yang bilang sendiri. Jadi, apa yang dibilang dia (Pastor John) itu salah. Janganlah bohongi orang-orang. Harus jujur. Jangan suka memprovokasi dan menjatuhkan,” lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya bahwa Pastor John Djonga mengatakan, kebijakan BBM satu harga di Papua belum berjalan dengan baik.

Harga BBM sama seperti di Pulau Jawa saat Presiden Jokowi blusukan di Papua saja. Namun, tidak lama setelah Jokowi meninggalkan Papua, harga BBM kembali melonjak.

“Beliau pulang, satu-dua minggu, harga kembali ‘normal’,” kata John dalam seminar nasional ‘Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK di Papua’ di Auditorium LIPI, Jakarta, Senin (18/12/2017).

‘Normal’ yang dimaksud John adalah kembali ke harga terdahulu sebelum adanya kebijakan BBM satu harga di Papua.

Baca selengkapnya: Pastor Djonga: Harga BBM Turun Hanya Saat Jokowi Blusukan ke Papua