Kesehatan

Ini Dia 4 Cara Alami Paling Ampuh Dalam Mengatasi Sariawan

Jurnalindonesia.co.id – Sariawan atau yang bahasa medisnya adalah stomatitis, merupakan sebuah kondisi gangguan pada area sekitar mulut. Di antaranya sariawan di lidah, sariawan di bibir luar atau dalam, sariawan di gusi, hingga pada rongga mulut bagian atas.

Munculnya sariawan ini juga ditandai dengan bercak berwarna kuning keputih-putihan.

Meskipun sariawan ini tidak termasuk kedalam jenis penyakit yang mematikan, namun rasa perih yang ditimbulkannya cukup mengganggu aktifitas kita, terlebih pada aktifitas makan.

Lantas, apa yang menjadi penyebab dari timbulnya penyakit sariawan?

Menurut informasi yang didapat, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya penyakit sariawan. Seperti, kekurangan vitamin C, faktor cuaca, sering memakan makanan pedas serta panas, dan jarang membersihkan mulut.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena di bawah ini ada 4 cara alami paling ampuh dalam mengayasi sariawan:

  1. Mengonsumsi Buah Yang Kaya Akan Kandungan Vitamin C

Cara alami pertama yang paling ampuh dalam mengatasi sariawan, yakni dengan mengonsumsi buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Lantas, buah apa sajakah yang kaya akan kandungan vitamin C? Buah tersebut diantaranya adalah buah jeruk, buah lemon, buah tomat, buah bengkoang, dan sebagainya.

  1. Atasi Dengan Minyak Kelapa

Cara alami kedua yang paling ampuh dalam mengatasi sariawan, yakni dengan menggunakan minyak kelapa. Berdasarkan dari hasil penelitian, minyak kelapa ini mengandung senyawa yang berfungsi untuk meredakan rasa perih, serta mengempiskan sariawannya. Apabila sariawan tersebut tepat berada di bagian bibir luar, maka kamu hanya perlu mengoleskan saja minyak kelapanya. Namun jika sariawannya terdapat dibagian dalam mulut, maka kamu bisa menggunakan air kelapa muda.

  1. Atasi Dengan Air Garam

Cara alami ketiga yang paling ampuh dalam mengatasi masalah sariawan, yakni dengan menggunakan air garam. Siapkan 1 gelas air hangat, lalu campurkan dengan 1 sendok makan garam. Setelah itu berkumurlah dengan air garam tersebut.

  1. Atasi Dengan Bawang Putih

Cara alami terakhir yang paling ampuh dalam mengatasi masalah sariawan, yakni dengan menggunakan bawang putih. Siapkan 3 butir bawang putih, kupas kulitnya, lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya oleskan pada bagian bibir yang terdapat sariawannya.

Itulah 4 cara alami paling ampuh dalam mengatasi masalah sariawan. Dengan demikian, Anda pun tidak akan kesakitan lagi, dan enak untuk makan apapun.