Daerah, DKI Jakarta

HUT Jakarta ke-491 Tak Meriah, Anies: Ya Wong Warganya Sepi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Antara/Widodo S. Jusuf)

Jurnalindonesia.co.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi cibiran sejumlah warga di media sosial terkait perayaan ulang tahun ke-491 Jakarta yang dianggap sepi dan tak meriah.

Anies berdalih, perayaan ulang tahun Jakarta tahun ini sepi karena bertepatan dengan libur Lebaran dan arus mudik.

“Ya wong warganya sepi. Bagi mereka yang merasakan tahu Lebaran, ya memang pada di kampung. Karena itu kita tidak menyelenggarakan. Justru di saat seperti ini,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin (25/6).

Oleh karena itu, kata Anies, Pemprov DKI menggeser perayaan HUT Jakarta ke bulan Juli, bertepatan dengan libur anak sekolah.

“Karena itu nanti kita akan pusatkan itu dalam bentuk pesta rakyat, karnaval itu tanggal 8 Juli. Ini menjawab pertanyaan kok tenang-tenang [saat HUT Jakarta],” ujar Anies.

Sebagai Informasi, untuk merayakan ulang tahun Jakarta ke-491 Pemprov DKI telah menggratiskan biaya masuk Ancol pada Senin (25/6/2018) dan sebelas museum pada Selasa (26/6/2018). Selain itu ada pula pesta rakyat untuk merayakan ulang tahun Jakarta.

Sebelumnya pada Mei lalu, Anies melakukan pencanangan peringatan HUT Jakarta di Pulau Tidung sekaligus meresmikan tujuh sekolah, pusat kegiatan belajar masyarakat, dan beroperasinya kapal pengangkut logistik warga.

Baca juga: Cara Anies Berkelit Saat Ditanya Soal Data Indeks Harga LRT