Kriminal

Hotman Paris Laporkan 2 Pengacara yang Diduga Sembunyikan Buronan

Pengacara Hotman Paris di SPKT Polda Jatim.
Pengacara Hotman Paris di SPKT Polda Jatim. (Foto: Kompas/Achmad Faizal)

Jurnalindonesia.co.id – Pengacara Hotman Paris Hutapea melaporkan dua orang pengacara berinisial AM dan EMH ke Polda Jatim, Senin (5/2/2018). Keduanya diduga menyembunyikan seorang buronan polisi.

AM dan EMH adalah kuasa hukum pengusaha properti asal Surabaya, Gunawan Angka Widjaja. Gunawan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polda Jatim sejak November 2017 lalu setelah tiga kali mangkir dari panggilan penyidik Polda Jatim.

Gunawan terjerat kasus dugaan konspirasi tindak pidana memasukkan dan menggunakan keterangan palsu dalam akta otentik.

“Tidak hanya menyembunyikan, dua pengacara ini juga memalsukan tanda tangan Gunawan, yang memberi kuasa praperadilan atas status hukumnya,” kata Hotman.

Menurutnya, ada yang janggal dari upaya praperadilan yang dilakukan Gunawan.

“Gunawan kan DPO, mengapa kuasa hukumnya bisa mendapatkan tanda tangan kuasa dari Gunawan. Berarti dua pengacara ini pernah bertemu Gunawan dan tahu keberadaan Gunawan,” ujar Hotman.

Baca juga: Belajar dari Hotman Paris Cara ‘Menjaring’ Klien Kakap

Dikonfirmasi terpisah, AM mengaku siap menghadapi laporan polisi tersebut.

“Melapor ke polisi merupakan hak seluruh warga negara, dan sebagai warga negara yang baik dan menghormati proses hukum, saya siap menghadapi,” katanya.

Soal kebenaran tanda tangan di surat kuasa tersebut, AM mengatakan hanya ia dan Gunawan yang mengetahuinya dalam hubungannya antara pengacara dan klien.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera membenarkan adanya laporan yang dilakukan Hotman Paris. Laporan tersebut bernomor TBL/140/II/2018/UM/JATIM.

“Selanjutnya kami segera memproses dengan memanggil saksi dan mengumpulkan barang bukti,” katanya.

KOMPAS