Daerah, Mancanegara, Riau

Heboh Pulau Ajab di Kepulauan Riau Dijual Seharga Rp 44 M

Sebuah situs bernama privateislandsonline.com diketahui memasang iklan ‘menjual Pulau Ajab di Kepulauan Riau, Indonesia’.

Tertera harga yang ditawarkan Di situs tersebut mencapai 3,3 juta dollar AS atau sekitar Rp 44 miliar.

Dijelaskan pula bahwa Pulau Ajab yang memiliki luas 74 acres atau sekitar 30 hektar itu memiliki pantai putih yang masih alami dan belum dikembangkan.

Pulau tersebut hanya berjarak sekitar 20 menit perjalanan boat dari Pulau Bintan. Selain itu, pulau Ajab juga dekat dengan lokasi wisata lain, seperti Bintan Lagoon, Pantai Trikora, Pantai Nikoi, dan Lagoi.

Pulau Ajab di Kepulauan Riau dijual. (Foto: privateinslandonline.com)

Belum jelas siapa pihak yang memasang iklan tersebut. Berdasarkan keterangan di situs, Private Islands Inc selaku pengelola situs berkantor di Ontario, Kanada.

Tak hanya Ajab

Ajab ternyata bukan satu-satunya pulau di Indonesia yang dijual di situs tersebut. Private Islands Inc dalam situsnya juga menjual Pulau Toja Una Una di Sulawesi Tengah.

Memiliki luas lebih dari 1.200 hektar, Pulau Toja Una Una dideskripsikan memiliki perairan yang alami dan karang yang indah, cocok untuk snorkling dan diving. Pulau ini juga disebut sebagai pulau yang belum dikembangkan dan dikelola oleh keluarga, berada di wilayah pelosok, namun memiliki akses yang mudah dijangkau.

Pulau Tojo Una-Una dijual. (Foto: privateinslandonline.com)

Tidak disebutkan harga yang ditawarkan untuk pulau ini. Hanya ditulis harga sesuai dengan permintaan.

Sebelumnya, pada 2012 lalu, privateislandonline.com pun pernah memasang iklan penjualan Pulau Gambar di Laut Jawa dan Pulau Gili Nanggu di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pulau Gambar ditawarkan di situs tersebut dengan harga sebesar US $ 725 ribu atau setara dengan Rp 6,8 miliar. Dijelaskan dalam iklan tersebut, bahwa pulau ini masih “perawan” dan berada di kawasan Laut Jawa dengan luas sebesar 2,2 hektar.

Sementara Pulau Gili Nanggu di Lombok yang memiliki luas 4,99 hektar itu ditawarkan dengan harga Rp 9,9 miliar dengan sejumlah fasilitas. Di antaranya 10 unit cottage, tujuh unit bungalow, satu unit restoran, mini bar, kamar, dan area pengembangbiakan kura-kura.

Selain itu ada Pulau Macan yang letaknya di Kepulauan Seribu. Tidak ada harga tertera di penjualan pulau ini.