Ekonomi dan Bisnis

Habiburokhman: Setelah Sandiaga Beri Contoh Cinta Rupiah, Dolar Mulai Jinak

Ketua Bidang Advokasi Partai Gerindra Habiburokhman.
Ketua Bidang Advokasi Partai Gerindra Habiburokhman.

Jurnalindonesia.co.id – Anggota Dewan DPP Partai Gerindra, Habiburokhman turut angkat bicara soal menguatnya nilai rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Diketahui, dalam dua hari terakhir, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS cenderung menguat setelah sebelumnya hampir menyentuh level Rp 15.000 per dolar AS.

Sebelum itu, bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno sempat menukarkan 1000 dolar AS miliknya ke rupiah. Dia mengklaim hal itu dilakukannya sebagai bagian dari upaya memperkuat ekonomi RI.

Habiburokhman menilai, apa yang dilakukan Sandiaga tersebut telah membuahkan hasil positif. Terbukti dengan pergerakan rupiah kian menguat terhadap dolar AS.

Habiburokhman pun menganggap aneh jika masih ada yang mencibir penukaran dolar yang dilakukan Sandiaga. Mestinya, kata dia, semua bersatu untuk menghadapi krisis serius semacam ini.

Lebih lanjut, dia mengimbau agar perbedaan politik bisa dilupakan sejenak demi mengatasi depresiasi rupiah yang terjadi di beberapa minggu terakhir ini.

“Setelah Bang Sandi beri contoh cinta rupiah, US$ mulai jinak. Aneh kalau ada yang nyinyir, seharusnya kita semua bersatu hadapi krisis serius ini, lupakan sejenak perbedaan politik. Cocok?” kata Habiburokhman melalui akun Twitter-nya, @habiburokhman, pada Minggu (9/9/2018).

Sebelumnya Sandiaga mengakui, apa yang ia lakukan tersebut merupakan bentuk pencitraan.

“Saya melakukan secara simbolis (tukar dolar) kayaknya perlu pencitraan seperti ini, it’s okey kalau politisi bilangnya kan pencitraan, ya pencitraan,” ujar Sandi saat ditemui usai menukarkan sebagian dolar miliknya ke tempat penukaran uang di Jakarta Pusat, Kamis (6/9/2018) pagi.

Sandi berharap agar gerakan tukar dolar ke rupiah yang dilakukannya bisa diikuti oleh seluruh pihak.

“Saya berharap diikuti juga mulai dari pimpinan tertinggi republik ini, mulai dari Pak Presiden sampai pengusaha-pengusaha, juga emak juga kepada milenial,” ucap Sandiaga.

Cibiran

Sementara itu, politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Guntur Romli menilai upaya yang dilakukan Sandiaga untuk memperkuat nilai tukar rupiah hanya omong kosong.

Hal tersebut dia sampaikan melalui akun Twitter-nya, @GunRomli, pada 6 September 2018 lalu.

Menurutnya, dibandingkan dengan kekayaan yang dimiliki Sandiaga yang mencapai Rp5 Triliun, menukarkan 1000 dolar cuma malah merendahkan dirinya sendiri.

“Tidak adakah pencitraan yang lebih wah? Masak cuma tukar 1000 dolar?” kata Guntur.

Berikut cuitan selengkapnya:

Apresiasi Gubernur BI

Sementara Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo sendiri mengapresiasi pengusaha yang mau mengonversi devisa hasil ekspor mereka yang berupa dolar AS menjadi rupiah.

“Saya apresiasi para pengusaha yang mempunyai devisa khususnya valas yang menjual valas dan itu menambah suplai di valas, sehingga dua hari supply dan demand terus berlangsung dan itu bagian penting mengenai pergerakan nilai tukar yang stabil dan dalam hal ini menguat,” kata Perry, Jumat (7/9/2018).

Loading...