Kriminal

FPI Kirim Bantuan Hukum ke Mekkah Bahas Rencana Pulang Rizieq Shihab

Pimpinan FPI Muhammad Rizieq Shihab.
Pimpinan FPI Muhammad Rizieq Shihab.

Pengacara FPI DKI Jakarta, Mirza Zulkarnaen, mengatakan bahwa pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq akan pulang ke Tanah Air. Saat ini Ketua Bantuan Hukum FPI Sugito Atmo dan imam FPI DKI Jakarta Muchsin Zeid Alatthas berada di Mekah untuk membahas kepulangan Habib Rizieq.

“Kedatangan mereka membahas upaya teknis dan pengkondisian kepulangan imam besar umat Islam ke Indonesia,” kata Mirza kepada detikcom, Jumat (19/1/2018).

Ditanya apa maksud dari mengondisikan, Mirza menjawab Rizieq akan pulang saat situasi di Tanah Air kondusif untuk dia. “Lagi dikondisikan dulu sampai kondusif,” sambung Mirza.

Kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia ini dinantikan sejumlah pihak, salah satunya Polri. Polisi memerlukan pemeriksaan Rizieq, yang dijadikan tersangka dalam kasus chat mesum. Rizieq menyatakan kasus tersebut merupakan rekayasa.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul menjelaskan pihaknya akan melanjutkan proses perkara-perkara hukum yang sempat tertunda saat Rizieq pulang ke Indonesia. Martinus menerangkan prinsip kerja Polri adalah menyelesaikan perkara yang telah diproses.

“Pada prinsipnya bagi Polri itu menyelesaikan sebuah perkara tentu penting. Sehingga siapa pun yang ditetapkan sebagai tersangka itu tentu harus memenuhi panggilannya, harus memenuhi proses hukum yang ada,” jelas Mirza.

“Kalau tersangka itu ada di luar negeri dan kemudian pulang ke Indonesia tentu bagi penyidik akan melakukan proses hukum kepada yang bersangkutan,” lanjut Martinus.

Loading...