Nasional

Foto Rizieq Lenyap dari IG, Putri Amien Rais: Dipesan oleh yang Berkuasa

Putri Amien Rais, Hanum Salsabiela Rais
Putri Amien Rais, Hanum Salsabiela Rais (kiri) bersama Amien Rais (kanan) saat peluncuran bukunya berjudul 'Menapak Jejak Amien Rais' di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (29/4). (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Jurnalindonesia.co.id – Putri Amien Rais, Hanum Salsabiela Rais, angkat bicara soal hilangnya foto pimpinan FPI Rizieq Shihab di Instagram Official sang ayah.

Lenyapnya foto-foto tersebut berawal dari pernyataan Prijanto Rabbani yang mengatakan bahwa ada pihak berkuasa yang memerintahkan untuk menghapus sejumlah foto di Instagram Official Amien Rais.

Direktur CSPS itu pun menuding jika persoalan ini menjadi tanda-tanda kembalinya rezim represif.

“Berbagai foto yang diupload di akun IG @amienraisofficial dihapus secara sepihak oleh pihak IG. Tentu ini ada yang memerintah. Tanda-tanda kembali ke rezim represif semakin tampak dan nyata,” tulis Prijanto di akun Twitter @PrijantoRabbani.

Hanum Salsabiela Rais, atau yang biasa disapa Hanum Rais, kemudian memberikan tanggapan. Menurutnya, Instagram telah dipesan oleh yang pihak yang memiliki kekuasaan untuk mendeteksi foto-foto Rizieq Shihab.

Hanum memastikan, jika penghapusan foto-foto Rizieq tersebut bukan karena di-report oleh akun-akun lain, tetapi oleh sistem.

“Truth is: IG telah dipesan oleh ‘pemesan yang berkuasa’ untuk membuat algoritma face detect utk HRS (Habib Rizieq Shihab, red), jadi bukan karena di-report rame-rame, tapi memang sistem bekerja, terutama jika engagement tinggi (jumlah like dan komen) mesin akan menghapus,” tulis Hanum melalui akun Twitter @hanumrais.

“Jadi pilih mana: militer rasa sipil… atau sipil rasa diktator?” lanjutnya.

Baca juga: Sindir Jokowi, Putri Amien Rais: Datang ke Rumah Baik-baik, Gak Usah Pakai Setingan

Akun Instagram @amienraisofficial juga mengunggah bukti penghapusan foto tersebut. Foto yang dihapus itu adalah momen saat Amien Rais bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu Rizieq Shihab di Arab Saudi.

“IG akhirnya menghapus kembali berkali-berkali secara sepihak semua foto yang kami upload, yang berkaitan dengan tokoh tertentu. Ini bukti bahwa kebebasan berekspresi (yang bertanggung jawab) yang menjadi salah satu agenda reformasi kembali diciderai; mengembalikan kita pada era yang represif (Order Baru), di tengah-tengah kebijakan-kebijakan populis yang palsu (Order Lama). Kita semua menantikan terang setelah zaman-zaman gelap, bukan sebaliknya! Mari #selamatkanindonesia,” demikian tertulis di akun Instagram @amienraisofficial.

Amien Rais: Mas Jokowi Ini Sipil, Tapi Pikirannya Otoriter

Loading...