DKI Jakarta, Ekonomi dan Bisnis

[Foto] Ini Bentuk Rumah DP Rp 0 Gagasan Anies-Sandi

Anies Baswedan melihat maket rumah susun sederhana milik (rusunami) DP Rp 0 di lokasi pembangunan di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis (18/1/2018).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembangunan rumah susun sederhana milik (rusunami) DP Rp 0 pertama di Pondok Kelapa, Jaktim. Begini wujudnya.

Anies Baswedan melihat maket rumah susun sederhana milik (rusunami) DP Rp 0 di lokasi pembangunan di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis (18/1/2018).

Rumah ini ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang gajinya tak lebih dari Rp 7 juta.

Lokasi pembangunan rumah susun sederhana milik (rusunami) DP Rp 0 berada di Jalan Haji Naman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Rumah DP Rp 0 yang dibangun oleh BUMD Pembangunan Sarana Jaya adalah berbentuk rumah susun sederhana milik (Rusunami) di atas lahan 1,4 hektar.

Anies mengecek lahan untuk pembangunan rumah susun sederhana milik (rusunami) DP Rp 0.

Karangan bunga ucapan selamat atas pembangunan rumah susun sederhana milik (rusunami) DP Rp 0 berjajar di sekitar lokasi.

Baca juga: Sandiaga: DP 0 Rupiah untuk Pendapatan Rp 7 Juta-Rp 10 Juta Per Bulan

Diketahui, Kamis (18/1/2018) ini Anies Baswedan melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) dimulainya pembangunan proyek rumah DP (down payment) nol rupiah.

Hunian berbentuk rumah susun sederhana milik (rusunami) ini diberi nama Klapa Village, berlokasi di Jalan H. Naman Kelurahan Pondok Kelapa Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Dalam pidato peresmian, Anies mengatakan bahwa ini sebagai salah satu janji yang sudah dia bisa tunaikan dari 23 janji waktu dia kampanye.

“Salah satu janji yang paling diingat warga mulai kita lunasi hari ini. Dan kami komit, kami tidak ingin 4 tahun lagi muncul kontrak politik yang belum kami laksanakan,” ucap Anies.

Proyek ini, kata Anies, sebagai sejarah bagi warga Jakarta, karena warga yang berpenghasilan rendah dengan minimal gaji Rp 7 juta sudah memiliki rumah.

“Program ini kita laksanakan untuk warga memiliki rumah ini, rusunami. Agar semua punya rumah. Ini penting untuk membereskan ketimpangan di Jakarta. Skemanya FLPP bisa dilakukan,” ungkapnya.

Baca: Lunasi Janji, Anies Resmikan Proyek Pembangunan Rumah DP Nol Rupiah di Jaktim

Terpisah, Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengaku senang program ini akhirnya terealisasi. Dalam sambutannya saat acara MoU, Sandi mengatakan, sebelum terealisasi, banyak yang meragukan program ini.

“Saya ucapkan terima kasih atas dukungannya karena awal banyak yang skeptis kami bisa mendorong program ini. Kami sedang mematangkan konsepnya dan berkoordinasi dengan OJK dan sekarang masuk tahap finalisasi tapi secara fisik kami sudah yakin, makanya sekarang sudah groundbreaking, begitu skemanya jadi kami luncurkan,” kata Sandiaga saat sambutan di Balai Agung, Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (18/1/2018).

Baca: “Groundbreaking” Rumah DP Rp 0, Sandiaga: Awalnya Banyak yang Skeptis

Loading...