Sport

Finis Di Posisi ke-19, Rossi: Marquez Sengaja Menabrak Saya

Jurnalindonesia.co.id – Gelaran Balap MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (9/4/2018) kemarin menyisakan insiden yang kurang mengenakkan. Pada awal sebelum balapan di mulai, Race director sempat menunda balapan selama beberapa saat karena masalah keamanan.

Balapan pun kembali tertunda setelah hampir seluruh pembalap mengganti ban mereka ke tipe slick di saat-saat terakhir sebelum race dimulai. Akibat insiden pergantian ban itu, para pembalap yang meninggalkan grid harus start dari posisi paling belakang. Alhasil, baris terdepan hanya diisi oleh Miller sementara pembalap lainnya berada empat baris di belakangnya.

Drama kembali berlanjut, beberapa saat ketika memasuki putaran ke-19, pembalap Yamaha, Valentino Rossi, sempat terjatuh dari motornya akibat bersenggolan dengan Marc Marquez. Marquez yang mencoba menyalip Rossi dari sisi dalam tikungan 13, justru melebar sehingga mendorong Rossi keluar dari trek.

Akibat Insiden itu Rossi harus finis di posisi ke-19 usai ditabrak Marquez dari sisi dalam di perebutan posisi ke enam.

Usai balapan Rossi mengungkapkan kekesalan terhadap Marquez. pembalap 39 tahun itu menganggap Marquez sengaja menabraknya hingga terjatuh.

“Marquez sengaja melakukannya, itu bukan kesalahan. Dia berada di titik antara kaki dan sepeda motor, karena dia tahu dia tidak akan terjatuh, tapi pembalap lain akan terjatuh,” ujar Rossi dikutip dari Bike Sport News.

Akibat ulahnya Marquez mendapat hukuman penalti 30 detik atas manuver berbahaya terhadap Rossi. Meski begitu, Marquez tetap mampu finis di depan Rossi dengan berada di posisi 18 pada balapan MotoGP Argentina.

Rossi berharap Race Direction MotoGP memberi hukuman yang berat kepada Marquez. Rossi mengatakan, Marquez bisa membahayakan pembalap lainnya di MotoGP.

“Ini situasi berbahaya. Saya berharap apa yang saya katakan ke Mike Webb [bos Race Direction MotoGP], mereka harus melakukan sesuatu agar Marquez tidak bertindak seperti ini lagi,” ucap Rossi.

“Di seri pertama di MotoGP Qatar, dia menyenggol [Johann] Zarco, [Andrea] Dovizioso. Dia memasuki tikungan 20 kilometer per jam lebih cepat, tidak memiliki celah untuk melakukannya,” ujar Rossi.

Selain menabrak Rossi, Marquez juga menyenggol pembalap Aprilia Aleix Espargaro pada balapan MotoGP Argentina. Namun, Espargaro terhindar dari kecelakaan.

Marquez sendiri berusaha meminta maaf kepada Rossi dengan mendatangi garasi Movistar Yamaha usai balapan MotoGP Argentina. Tapi, Marquez diusir asisten sekaligus sahabat Rossi, Uccio Salucci.