Nasional

Eko Patrio Memaafkan, Netizen Memuji

Jurnalindonesia.id – Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio menerima permintaan maaf dari pihak media online yang telah mengaitkan dirinya dengan kasus bom di Bekasi pada Minggu, 11 Desember 2016 lalu.

Sebelumnya, sejumlah media online memberitakan bahwa Eko Patrio mengatakan kasus bom di Bekasi adalah pengalihan isu dari kasus dugaan penistaan agama oleh gubernur DKI non aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Eko Patrio kemudian membantah dan mengatakan bahwa dirinya tidak pernah mengatakan hal tersebut.

Kemudian, Politikus yang juga Ketua DPW PAN DKI Jakarta itu mengambil langkah somasi terhadap tujuh media online yang memberitakan bahwa dia memberi pernyataan soal kasus bom Bekasi adalah pengalihan isu. Somasi akan dilakukan jika dalam waktu 1 x 24 jam media online yang dimaksud tidak melakukan klarifikasi atas pemberitaannya.

“Kami sudah menggunakan hak jawab. Kami akan beri kesempatan kepada ketujuh media online tersebut untuk mengklarifikasi,” kata kuasa hukum Eko, Firman Nurwahyu, di kantor Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat, 16 Desember 2016.

Keesokan harinya, pihak Satelitnews.com mempublikasikan permintaan maaf.

Satelitnews.com adalah salah satu dari 7 media online yang disomasi tersebut. Berikut pernyataan maaf Satelitnews.com:

“Permohonan Maaf Dari Satelitnews.com

Kami mohon maaf, artikel “Eko Patrio Teror Bom Istana Adalah Upaya Pengalihan Isu Kasus Ahok” ini sudah dihapus agar tidak ada lagi menimbulkan kesalah pahaman.

Sekali lagi kami mohon maaf, tidak ada niatan sama sekali dari kami untuk mencemarkan nama baik orang lain.

Tidak ada maksud lain. Ini semua hanya kekhilafan kami belaka yang tidak melakukan pengecekan lebih lanjut terhadap kebenaran berita yang kami temukan sebelumnya dan kami langsung saja me-copy-paste-nya tanpa ada tabayyun apakah berita tersebut benar atau tidak.

Tanggapan Eko Patrio

Lewat akun instagram pribadinya, @ekopatriosuper, Eko mengaku telah memaafkan media-media online yang telah meminta maaf terhadap dirinya.

“Berkah satu persatu mengklarifikasi dan meminta maaf sebagai orang muslim saya pasti memaafkan,” tulis Eko lewat Instagram.

Sikap Eko yang dengan besar hati memaafkan tersebut mendapat tanggapan positif dari para followernya.

“eko memang patut buat panutan dan contoh,selalu lapang dada ,dermawan dan bijaksana,semoga kelak bisa seperti om eko hendro purnomo,” tulis @lian_patrioom.

“Pak eko.. Murah hati bangEt.Contoh pemimpin yg sebenarnya. bukan tegas tapi mengajari juga. Suri tauladan,” tulis @yuliatin785.

“Super Mas eko ini. Mau memaafkan media yg telah memfitnah nya,” tulis @egialfarruq129.

dan masih banyak lagi netizen yang memuji Eko.

Berkah satu persatu mengklarifikasi dan meminta maaf sebagai orang muslim saya pasti memaafkan

Foto kiriman Eko Patrio (@ekopatriosuper) pada

Ucapan terima kasih dari Satelitnews.com

Pihak Satelitnews.com sendiri sudah menanggapi penerimaan maaf dari Eko tersebut.

Di halaman situs Satelitnews.com tertulis ucapan terima kasih atas kesediaan Eko menerima permintaan maaf.

Berikut pernyataan lengkap Satelitnews.com:

“Terima kasih Mas Eko Patrio yang sudah merespon dengan baik dan menerima permintaan maaf kami.

Kami dari pihak Satelitnews.com merasa sangat berterima kasih atas kelapangan dan kebesaran hati Mas Eko Patrio. Sikap Mas Eko Patrio yang sungguh mulia ini patut diacungi jempol dan dijadikan contoh sebagai seorang pemimpin umat yang baik.

Semoga ini bisa menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kita semua agar lebih berhati-berhati dalam memilih dan memilah berita.”

satelit