Politik

[Demo Anti Ahok] Polisi Putar Shalawat Nabi, Demonstran Malah Brutal: “Matiin Woy, Shalawat Itu!”

Jurnalindonesia.id – Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh ribuan anggota Ormas Islam di Balai Kota, Jakarta, ‎Jumat (14/10) sempat memanas. Mereka meneriakkan yel-yel “Tangkap Ahok.” Mereka melempar botol air mineral ke bagian dalam Balai Kota.

Sebagaimana dilaporkan JPNN.com, para pengunjuk rasa yang tadinya tenang menjadi ‎marah karena polisi memperdengarkan selawat nabi.

“Matiin woy. selawat itu,” kata salah satu pengunjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta, Jumat (14/10).

Namun permintaan itu tidak dipenuhi. Sebab, selawat nabi tetap diperdengarkan. Hal ini membuat para pengunjuk rasa gusar. Botol air mineral dilemparkan ke arah Balai Kota.

‎Setelah itu, pihak keamanan mengecilkan suara selawat nabi. Namun, para pengunjuk rasa masih gusar.

Baru setelah itu rekaman selawat benar-benar dimatikan.

“Jangan terprovokasi. Duduk semua,” ucap salah satu pengunjuk rasa.

Baca: Membela Islam dengan Teriakan “Bunuh, Gantung, Bakar!”

Seperti diberitakan, Asisten Operasi Korps Brimob ‎Kombes Rakhman menjelaskan, langkah memutarkan selawat nabi dilakukan karena merupakan perintah langsung dari Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan.

Perintah Pak Kapolda Metro Jaya karena yang dihadapi saudara-saudara kita semua,” kata Rakhman di Balai Kota, Jakarta, Jumat (14/10).

Menurut Rakhman, langkah memperdengarkan selawat juga dilakukan supaya aksi demonstrasi ‎tidak berujung pada suasana yang brutal.

“Salah satu terobosan untuk menyuarakan asmaul husna nabi sehingga semua jadi damai,” ungkap Rakhman.

Baca juga: Remaja yang Ikut Aksi Demo Anti Ahok, Merokok dan Tertawa: Kita Mau Ahok Mati Aja

Selain itu, agar keadaan lebih tenang, pimpinan pasukan kepolisian juga memerintahkan polisi wanita (polwan) untuk membagi-bagikan air minum kemasan kepada demonstran.

Kedatangan polwan ke dalam kerumunan itu menarik perhatian massa. Mereka kemudian ramai-ramai bergiliran mengajak selfie bersama. Canda dan tawa pun pecah dalam aksi penolakan FPI terhadap Ahok.

Perlahan massa tak lagi meneriakkan yel-yel menangkap Ahok. Ribuan massa hanya berkerumun di depan Balai Kota.

Demonstrasi tersebut dihadiri ribuan massa dari berbagai penjuru, termasuk dari luar Jakarta. Ribuan personel kepolisian dan TNI juga disiagakan mengamankan Balai Kota.

Baca juga: Ahok: Tujuan Mereka Cuma Satu, Ahok Dipenjara dan Enggak Ikut Pilkada

 

Loading...