Pria

Daftar Lengkap Perlengkapan Umroh Yang Wajib Dibawa

KE-177 jemaah haji asal Indonesia itu menggunakan dokumen palsu untuk menggaunakan kuota haji Filipina. (Foto: BBC Indonesia)

Perjalanan ke tanah suci adalah perjalanan luar biasa yang pasti dinanti oleh semua umat islam. Sebab memang tidak semua umat islam memiliki kesempatan untuk menuju ke sana. Itulah mengapa, siapa yang mampu ke sana, berarti ia mendapatkan berkah hidup yang luar biasa. Tapi, perjalanan ke tanah suci baik untuk ibadah haji maupun ibadah umroh bukanlah perjalanan yang ringan. Untuk menjalankanya, persiapan dan perlengkapan umroh atau haji wajib dipersiapkan. Persiapanyapun juga tak hanya finansial saja, melainkan juga harus mental, pengetahuan, jasmani serta tak ketinggalan bekal taqwa.

Nah buat kamu yang akan melakukan ibadah umrah, ada beberapa perlengkapan umroh yang harus kamu siapkan. Hal ini bertujuan agar ibadah umroh kamu jadi makin tenang dan tak terkendali. Sehingga kamu bisa sepenuhnya hanya mengurus ibadah kamu di sana; bukan pada hal-hal lain.

  1. Perlengkapan Doa & Guide

Ada banyak sekali doa yang bisa kamu tunaikan selama melakukan ibadah umroh. Bila kamu mengikuti semua ketentuan yang ada di buku doa dari depag, maka waktu yang kamu butuhkan akan sangat lama. Terutama bila kamu belum pernah menunaikanya sama sekali. Jadi cobalah untuk meringkasnya saja.

Kamu bisa gunakan Al Quran, peta makkah atau peta madinah, map/atlas majidil haram audio haji umroh yang akan membantu kamu menghafal doa-doa umroh, counter tasbih digital, semuanya pilih yang ukuran kecil. Hal ini demi menunjang kepraktisan saat pelaksanaan ibadah. Siapkan pula kiblat kompas, kamu bisa gunakan aplikasi mobile.

  1. Perlengkapan Obat Obatan / Kesehatan

Perlu kamu tahu, sering kali obat-obatan dari petugas haji tidak cukup. Jadi kalau kamu memang memiliki kondisi fisik yang rentan, tak ada salahnya kamu menyiapkan obat sendiri. Beberapa sakit yang sering dialami adalah batuk, diare, pilek, saluran pernafasan, dsbnya. Juga bagi kamu yang memiliki ketergantungan pada obat tertentu dari dokter, wajib kamu bawa. Jangan sampai kamu mencari obatnya di sana. Akan sangat sulit mencarinya. Juga bagi kamu yang mengenakan kursi roda. Siapkan saja dari rumah. jangan lupa, laporkan pada pihak travel.

  1. Perlengkapan Pendukung dan Tidur

Jangan lupa siapkan pula perlengkapan pendukung seperti Bantal tiup, payung lipat kecil, kacamata hitam, masker, sandal, kantong batu, sprei kecil, kaos kaki wudhu, sarung tangan, alat jahit, ransel. Siapkan pula gunting, pisau, alat cukur dan lainya, tapi jangan masukkan dalam kabin, tapi masukkan dala koper saja.

  1. Perlengkapan Mandi dan Kosmetik

Perlengkapa mandi dan kosmetik juga wajib kamu siapkan. Mulai dari sabun cair, handuk, alat cukur, sabun muka, sikat gigi & odol, shampoo, bedak, lotion atau krim. Sebaiknya pilih perlengkapan mandi dan kosmetik yang tidak memiliki aroma parfum. Siapkan pula krim untuk bibir dan kaki supaya tidak kering .

  1. Perlengkapan Listrik, Komunikasi, Digital dan Internet

Jangan lupa siapkan alat-alat komunikasi kamu. mulai dari Hp dan juga perdananya yang siap kamu gunakan selama menjalankan ibadah umroh. Jangan lupa siapkan pula PB untuk bekal pengisian daya baterai ponsel kamu.  kalau kamu ingin lebih hemat, gunakan perdana yang punya promo khusus untuk kebutuhan para pelaku ibadah haji dan umroh.

  1. Perlengkapan Dokumen & Uang

Yang tak boleh ketinggalah adalah perlengkapan dokumen kamu. bBwalah paspor, uang rupiah dan riyal secukupnya, kartu kredit, dan jangan lupa kartu atm berlogo visa. Selain itu, wajib pula kamu bawa dokumen haji yang terdiri dari SPMA, Buku Kesehatan, bukti Setor BPIH dan lainya.