Daerah, DKI Jakarta

Cegah Banjir, Anies Perintahkan Warga Bangun Drainase Vertikal

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Antara/Dadang Kusuma WS)

Jurnalindonesia.co.id –  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menyuarakan imbauannya agar warga Jakarta membangun drainase vertikal. Menurut Anies, bila setiap rumah membangun drainase model itu, banjir di Ibu Kota bisa berkurang.

BACA JUGASinggung Jokowi, Adik Prabowo: Baju Kotak-kotak Kami yang Biayai

“Membangun drainase vertikal itu perlu dilakukan di setiap rumah. Jadikan rumah kita, rumah yang tidak mengeluarkan air hujan dari halaman,” ujar Anies di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Selasa, 22 Januari 2019.

Anies menyebut wilayah perumahan merupakan salah satu penyumbang banjir. Dia berharap semua warga bisa mengikuti imbauannya tersebut.

“Kalau air hujannya dimasukkan ke dalam tanah di area rumah kita sendiri, maka kita bisa mengatakan pada diri kita bahwa, ‘Saya bukan termasuk yang menyumbang air banjir di Jakarta karena air rumah saya dimasukkan ke dalam tanah’,” sebut Anies.

Anies menerangkan, Pemprov DKI telah menyiapkan anggaran untuk membuat drainase vertikal di pemukiman warga.

“Nantinya anggaran yang bisa digunakan oleh masyarakat membangun (drainase vertikal) di kampung-kampung itu dari Dinas Perumahan, dari Dinas Perindustrian dan Energi sudah disiapkan,” kata Anies.

“Dan nanti kita akan lakukan secara masif, sekarang di sedang dalam proses lelang. Nanti setelah itu baru kita pelaksanaan,” Anies menambahkan.

BACA JUGAUmar Kholid Harahap Penyebar Hoax Ijazah Jokowi Palsu Terancam 3 Tahun Bui

Selain itu, Anies telah mewajibkan semua kantor pemerintah membangun drainase vertikal. Anies telah menerbitkan Instruksi Gubernur Nomor 131 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Drainase Vertikal di Lahan Milik Pemprov DKI Jakarta.

“Harus tuntas di seluruh kantor pemerintah DKI Jakarta itu per tanggal 31 Maret,” kata Anies.

Loading...