Nasional

Bom Bunuh Diri Guncang Solo, Satu Orang Tewas

Lokasi ledakan bom di depan Polresta Solo.
Lokasi ledakan bom di depan Polresta Solo.

JurnalIndonesia.id – Satu orang tewas dan satu lagi terluka akibat bom bunuh diri di depan Markas Polresta Surakarta (Solo), Selasa (5/7/2016).

Korban tewas ditengarai pelaku peledakan, sedangkan korban luka adalah seorang petugas kepolisian.

Berdasarkan informasi intel di Polresta Solo, peristiwa ledakan terjadi pada pukul 07.30 WIB. Saat itu, ada seseorang masuk ke pintu sebelah barat SPK. Orang itu kemudian dipanggil anggota Provos.

“Pas mengarah ke Provos melapor diri, dia meledakkan diri. Korban sementara pelaku. Korban luka sementara dari seorang polisi,” jelas anggota intel tersebut.

Lokasi ledakan bom di depan Polresta Solo.

Lokasi ledakan bom di depan Polresta Solo.

Hingga kini, kepolisian masih melakukan olah TKP. Jalan 200 meter ke arah kantor polisi ditutup.

Sementara itu Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen Condro Kirono membenarkan bahwa ledakan bom tersebut adalah serangan bom bunuh diri.

Condro menjelaskan, saat itu pagi sekitar pukul 07.30 WIB, ada seseorang yang mencurigakan masuk ke halaman Mapolresta Solo.

“Pelaku mencurigakan. Anggota Polresta yang siaga mencegatnya. Dia (pelaku) berusaha berbalik arah dan meledakkan diri,” kata Condro kepada Kompas TV, Selasa.

Akibat ledakan itu, pelaku tewas di lokasi kejadian. Sementara itu, satu anggota polisi terluka.

Condro mengatakan, ledakan tersebut terbilang kecil dan tidak memakan korban jiwa lainnya selain pelaku.

Dalam kesempatan itu, Condro mengimbau kepada warga Solo agar tenang. Sebab, tidak ada rangkaian kejadian setelah peristiwa di depan Mapolresta Solo.

“Solo sekarang sudah tenang. Tidak ada rangkaian kejadian setelah kejadian satu ini saja. Kita harapkan masyarakat tenang. Anggota Polri didukung TNI dan pemda siaga dan memberikan pengamanan,” tandas Irjen Condro Kirono.

Baca selanjutnya: Sebelum Ledakkan Bom di Mapolresta Solo, Pelaku Ucapkan Syahadat