Nasional

Baru Kali Ini Ada Warga yang Tolak Hadiah Sepeda dari Jokowi, Ini Alasannya

Apdal dan Presiden Jokowi saat berada di Muktamar XII Jatman di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (15/01/2018). (Foto: Kompas/Ari Himawan)

Di setiap acara pertemuan dengan warga, Presiden RI Joko Widodo selalu membagi-bagikan sepeda lewat kuis-kuis sederhana yang diajukan.

Biasanya, mereka yang beruntung mendapatkan sepeda dari Jokowi akan merasa senang.

Namun tidak dengan warga yang satu ini.

Dalam acara Muktamar XII Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabaroh An Nahdliyyah (Jatman) di Pendopo Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (15/1/2018), seorang peserta muktamar asal Palembang bernama Apdal menolak hadiah sepeda dari Jokowi.

Jokowi pun heran.

Awalnya, Apdal diminta menjawab pertanyaan seputar Pancasila. Setelah selesai menjawab soal, Apdal dipersilakan duduk oleh Presiden Jokowi.

“Hadiahnya, Pak,” kata Apdal spontan.

Presiden Jokowi pun menjawab dengan berjanji bahwa sepedanya akan diantar ke rumah. Namun, Apdal menolak.

“Enggak mau, Pak. Sudah ada dua (sepeda), Pak,” kata Apdal.

“Sepanjang saya berinteraksi dengan masyarakat, baru kali ini ada yang enggak mau (dikasih sepeda). Mau minta apa, tetapi belum tentu saya berikan,” kata Presiden Jokowi kemudian disambut gelak tawa peserta Muktamar Jatman.

Apdal lalu menjawab pertanyaan Presiden Jokowi dengan meminta hadiah selain sepeda.

“Seikhlasnya Bapak, tetapi jangan sepeda,” ucap Apdal.

Presiden pun meminta saran ke Habib Luthfi untuk memberikan hadiah apa yang cocok. Namun, Jokowi hanya berjanji nanti hadiahnya sampai di rumah dan meminta Apdal kembali duduk.

Selain membuka Muktamar XII Jatman, di Kabupaten Pekalongan, Presiden juga membagikan Kartu Indonesia Pintar ke siswa sekolah.