Uncategorized

Arab Saudi Akan Hukum Mati Pembunuh Khashoggi

Jurnalindonesia.co.id – Penyelidikan kasus pembunuhan Jamal Khashoggi terus berlangsung hingga kini. Jaksa Agung Arab Saudi Saud al-Mujeb mengatakan, 5 dari 11 terdakwa pembunuh jurnalis Jamal Khashoggi akan dijatuhi hukuman mati.

Deputi Jaksa Agung Arab Saudi Shaalan al-Shaalan menjelaskan bahwa 5 terdakwa tersebut berperan sebagai orang yang memerintahkan dan membunuh Khashoggi.

Baca Juga: Direktur CIA Dengarkan Rekaman Audio Penyiksaan Khashoggi Dihabisi

“Penuntut umum telah mengajukan hukuman mati untuk 5 terdakwa yang memerintahkan dan melaksanakan kejahatan dan hukuman sepatutnya untuk terdakwa lainnya,” kata Shaalan seperti dikutip dari Reuters, 15 November 2018.

Deputi Jaksa Agung Arab Saudi tidak menyebut nama kelima terdakwa yang dijatuhi hukuman mati. Ia hanya menjelaskan 11 dari 21 terdakwa telah dituntut dan mereka segera disidangkan di pengadilan.

Para penyelidik Arab Saudi juga sedang memeriksa tersangka lain untuk menentukan peran mereka dalam kejahatan ini.

Kantor Kejaksaan Arab Saudi saat ini menunggu tanggapan Turki atas pemberian bukti dan rekaman audio tentang pembunuhan Khashoggi.

Baca Juga: 5 Pertanyaan Kunci Erdogan Terkait Pembunuhan Jamal Khassoggi

Shaalan membantah pertanyaan wartawan yang menyebut putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mengetahui pembunuhan yang terjadi di konsulat Arab Saudi di Istanbul.

Sebelumnya, Jamal Khashoggi dinyatakan hilang pada 2 Oktober 2018 setelah berkunjung ke Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul, Turki untuk mengurus dokumen pernikahannya dengan seorang perempuan Turki. Dari rekaman audio yang diperoleh pemerintah Turki terungkap Khashoggi dibunuh secara keji dengan disiksa, dimutilasi dan disuntik cairan kimia. Sampai saat ini jasad Khashoggi juga ditemukan.

Loading...