DKI Jakarta, Ekonomi dan Bisnis

Anis Akan Resmikan Pembangunan Rumah DP 0 Rupiah di Cilincing

Rumah DP RP 0 Cilincing
Rumah contoh DP nol Rupiah di Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (23/2/2018). (Foto: Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan)

Jurnalindonesia.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berencana hadir di acara peletakkan batu pertama pembangunan perumahan DP nol Rupiah yang berlokasi di Jalan Malaka IV, Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara pada Rabu (28/2/2018).

Perumahan yang diberi nama ‘Pesona Rorotan’ tersebut berada di atas lahan seluas 1,3 hektar. Berbeda dengan hunian DP Rp 0 yang ada di kawasan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, yang berupa rumah susun, kali ini huniannya berupa rumah tapak dengan tipe 27/45 meter.

Rencananya, akan dibangun 100 unit rumah di lahan milik PT Nusa Kirana tersebut. Lokasinya tepat di belakang SMAN 115 Rorotan.

Untuk saat ini, baru satu rumah contoh yang sudah berdiri.

Rumah DP Rp 0 Cilincing

Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad didampingi Lurah Rorotan, Yuyun, saat meninjau proyek pembangunan rumah DP nol persen, di Jalan Malaka IV RT 10/60, Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (23/2/2018). (Foto: Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan)

Pembangunan rumah DP nol persen di Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (23/2/2018). (Foto: Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan)

Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad didampingi Lurah Rorotan, Yuyun, saat meninjau proyek pembangunan rumah DP nol persen, di Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (23/2/2018). (Foto: Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan)

Rumah DP RP 0 Cilincing

Rumah contoh DP nol Rupiah di Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (23/2/2018). (Foto: Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan)

Dengan luas tanah 5 x 9 meter (45 meter) dan luas bangunan 5 x 5,5 meter, rumah DP 0 rupiah tersebut terdiri dari dua kamar tidur, satu ruang tamu dan satu kamar mandi, tanpa dapur. Namun ada sisa tanah seluas 1 meter di belakang yang bisa dimanfaatkan penghuni untuk membangun dapur.

Selain itu, juga ada halaman yang lumayan luas yaitu 2,5 meter di depan rumah.

Ruang tamunya itu sendiri berukuran 3 X 4 meter. Di balik dinding ruang tamu terdapat kamar mandi ukuran 1,5 meter yang pintunya menghadap ke kamar tidur kedua.

Rumah minimalis sebagai contoh itu didominasi warna cat putih dan cokelat. Sebagian besar bangunan warna putih, sementara pintu, jendela dan genteng berwarna cokelat yang menambah kesan adem rumah idaman warga Jakarta itu.

Lokasi hunian terbilang jauh dari pusat kota, yaitu berada di ujung Jakarta Utara yang justru lebih dekat dari Bekasi atau jalur Kanal Banjir Timur (KBT) arah Cilincing sekitar 9 kilometer.

Saat ini hanya ada satu jalan menuju lokasi yaitu dari arah Timur Jalan Raya Rorotan. Atau lewat jalan akses menuju SMAN 115 Cilincing. Kebetulan lokasi berada di belakang sekolah tersebut. Akses jalan menuju lokasi hunian hanya muat untuk satu mobil.

Untuk menuju lokasi, calon penghuni bisa melihat pemandangan sawah dengan jalan yang berliku.

rumah DP 0 rupiah di Rorotan, Jakarta Utara.

Tampilan depan rumah DP 0 rupiah di Rorotan, Jakarta Utara. (Foto: Liputan6.com/Moch Harun Syah)

Rumah DP 0 rupiah di Rorotan, Jakarta Utara.

Halaman belakang rumah DP 0 rupiah di Rorotan, Jakarta Utara. (Foto: Liputan6.com/Moch Harun Syah)

Rumah DP 0 rupiah di Rorotan, Jakarta Utara.

Bagian dalam contoh Rumah DP 0 rupiah di Rorotan, Jakarta Utara. (Foto: Liputan6.com/Moch Harun Syah)

Meski dibangun di areal persawahan, lokasi hunian diklaim bebas banjir.

Butuh waktu setidaknya satu jam perjalanan untuk menuju jalan raya Cakung Cilincing atau Cacing. Apalagi jika hari kerja bisa lebih.