DKI Jakarta, Nasional

Anies Yakin Ada Hikmah yang Bisa Diambil Setelah Banjir

Anies
Anies menunaikan salat Jumat di Masjid Al-Karomah, Jalan Cililitan Kecil, Jakarta Timur, Jumat (9/2/2018). (Foto: Muhammad Fida/detikcom)

Jurnalindonesia.co.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi warga korban banjir di Cililitan, Jakarta Timur.

Sebelum meninjau lokasi korban, Anies melaksanakan salat Jumat bersama warga di masjid di wilayah tersebut.

Mengenakan baju koko putih dan peci hitam, Anies tiba di Masjid Al-Karomah dan langsung disambut takmir masjid menuju ke tempat salat.

Selain itu sejumlah warga pun berusaha menyalami Anies.

Anies mengambil saf (barisan) paling depan di masjid tersebut.

Masjid Al-Karomah tempat Anies menunaikan salat Jumat. (Foto: Muhammad Fida/detikcom)

Usai salat Jumat, Anies menemui para korban banjir. Anies mengatakan bahwa banjir yang melanda bukan lah dari Jakarta, tapi dari hulu di Bogor.

“Datangnya air bukan dari kota Jakarta. Datangnya dari hulu sana Bogor. Dan malam itu saya bayangkan semua warga di sini. Air nggak bisa milih-milih. Kalau api bisa kelewat satu rumah, air nggak bisa,” kata Anies kepada warga Cililitan, Jakarta Timur, Jumat (9/2/2018).

Anies yakin akan ada hikmah yang bisa diambil setelah banjir menerjang.

“Hikmah itu datangnya bukan kemarin, Hikmah itu datangnya besok,” kata Anies.

Dia juga meminta warga untuk tidak segan-segan melapor ke Pemprov jika ada surat-suratnya yang hilang terbawa banjir.

“Sampaikan saja apa butuh nanti pemerintah, kami akan kerjakan. Jika suratnya terbawa banjir segera laporkan. Akan dapat gantinya,” jelas Anies.

Tak lupa Anies juga mengingatkan warga untuk tidak menyepelekan masalah kesehatan. Dia mengajak warga untuk tabah menghadapi banjir.

“Masalah kesehatan jangan digampangkan, periksakan. Musibah mari dihadapi sama-sama dengan ketabahan. Kita tunjukkan warga Jakarta yang tangguh, warga Jakarta yang tabah,” ucapnya.

Anies menunaikan salat Jumat di Masjid Al-Karomah, Jalan Cililitan Kecil, Jakarta Timur, Jumat (9/2/2018).

Anies menunaikan salat Jumat di Masjid Al-Karomah, Jalan Cililitan Kecil, Jakarta Timur, Jumat (9/2/2018). (Foto: Muhammad Fida/detikcom)

Kedatangan Anies pun disambut hangat warga.

Alhamdulillah saya nggak minta Pak Anies, Pak Anies datang sendiri. Silakan dilihat pak, sudah bersih semua,” kata Takmir Masjid Al Karomah, Sobri, di Jalan Cililitan Kecil, Jakarta Timur, Jumat (9/2/2018).

Sobri melaporkan ke Anies soal sajadah yang terendam banjir, padahal baru saja dibeli dengan harga Rp 80 juta. Dia pun berharap Pemprov memberi bantuan.

“Ini pak, baru saja beli sajadah Rp 80 juta kebanjiran semua. Nanti dibelikan Pak Anies,” kata Sobri.

Anies berjanji akan membantu jamaah masjid menyediakan sajadah. Dia mengatakan akan mengganti sajadah tersebut.

“Baru beli ya, baru apa sudah setahun? Insyallah nanti dapat gantinya. Karpetnya aja apa yang lain? Nanti gampang musyawarah,” ujarnya.

Loading...