Nasional

Anies-Sandi Disoraki Saat Hadiri Open House Jokowi, PKS Curiga Ada Pihak yang Ingin Mengadu Domba

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. (Foto: istimewa)

Jurnalindonesia.co.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubenur Sandiaga Uno mendapat sambutan kurang mengenakan saat menghadiri open house Idulfitri yang digelar Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/6/2018).

Dua pemimpin DKI ini sempat disoraki oleh sejumlah warga yang tengah mengantre untuk bersalaman dengan Jokowi.

Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid sangat menyayangkan peristiwa tersebut. Wakil Ketua MPR itu menilai, tindakan tersebut tidak mencerminkan semangat Idulfitri untuk saling bersilahturahmi.

Menurutnya, warga yang menyoraki Anies-Sandi merupakan bagian dari luka pertarungan Pilgub DKI.

“Menurut saya satu hal, ini tidak tercermin dalam semangat Idul Fitri. Pak Anies dan Pak Sandi bersilaturahmi ke Pak Jokowi, Pak Jokowi juga merima dengan baik. Kok ada pihak-pihak yang masih belum move on,” kata Hidayat di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (15/6).

Menurut Hidayat, perlakuan itu menghilangkan esensi bulan puasa untuk menahan amarah. Apalagi, momen lebaran merupakan kesempatan bagus untuk menjalin tali silaturahmi.

“Mereka puasa enggak selama ini? Mereka paham enggak lebaran ini? Kalau mereka puasa dan Idul Fitri seharusnya tidak melakukan hal itu. Sayang puasanya ke mana saja tuh. Saya katakan itu kesempatan bagus untuk semua pihak menghadirkan suasana halal bihalan bersilaturahim,” kata dia.

Hidayat curiga, bisa saja ada pihak yang tak bertanggung jawab di balik tindakan tersebut yang tujuannya untuk memperkeruh hubungan Jokowi dan Anies.

“Kita tidak tahu siapa mereka. Bisa jadi ini kondisi untuk mempertajam hubungan Anies dan Jokowi, ada pihak yang ingin mengadu domba dan itu tidak boleh terjadi,” tutur Hidayat.

Menurut Hidayat, keputusan Anies-Sandi untuk bersilaturahmi dengan Jokowi mestinya diapresiasi. Untuk itu, ia meminta Jokowi memberikan kritik kepada masyarakat yang menyoraki Anies-Sandi.

“Pak Anies sudah ke sana merupakan suatu effort yang luar biasa. Semestinya dari Pak Jokowi mengkritik keras itu orang yang menyoraki itu, karena itu nanti akan tidak baik juga, itu seolah-oleah mendukung Jokowi,” lanjut dia.

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno hadir di open house di Istana Kepresiden Bogor usai Jokowi menggelar acara halalbihalal dengan pejabat negara.

Anies dan Sandi tiba bersamaan di Istana Bogor sekitar pukul 09.53 WIB, Jumat (15/3/2018). Anies tampak mengenakan kemeja koko dan kain sarung. Sandiaga juga mengenakan kemeja koko dengan bawahan celana panjang berwarna hitam.

Kehadiran Anies-Sandi menarik perhatian warga yang hadir. Beberapa warga bersorak saat melihat keduanya datang.

Mendengar sorakan itu, Anies dan Sandi tersenyum. Bahkan Anies dan Sandi juga menyalami beberapa warga yang bersorak. Suasana kemudian cair serta saling senyum dan tawa.

Lihat videonya: