DKI Jakarta, Ekonomi dan Bisnis

Anies: Kenyataannya Ada Lebih dari Seribu Becak di Jakarta

Anies Baswedan naik becak saat berangkat menuju lokasi pengajian Habib Lutfi bin Yahya, Jumat (31/3/2017) pagi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa saat ini ada lebih dari seribu becak yang masih beroperasi di Ibu Kota. Anies menyatakan itu adalah hal yang nyata.

“Saya sampaikan kenyataannya saja. Kenyataannya ada lebih dari seribu becak selama ini masih ada di Jakarta. Itu kenyataan. Terus yang kedua, kenyataannya, mereka beroperasi di lingkungan perkampungan. Itu kenyataan. Yang mau kita atur adalah mereka (becak-becak) yang beroperasi di lingkungan,” kata Anies, di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2018).

Anies menuturkan keadaan yang ada saat tahun 70-80an dengan yang terjadi sekarang tentu berbeda. Saat tahun 70-80an becak menjadi salah satu angkutan favorit bagi warga Jakarta.

“Jangan membayangkan seperti tahun 80-an, 70-an, belum ada ojek, belum ada taksi yang banyak, belum ada ojek online. Kita tuh melihat becak dengan memori kita dulu, padahal kita hidup di tahun 2018. Di mana saat ini kalau orang lihat mau bepergian jauh pasti milihnya apa kalo dia sendirian? Ya naik moda yang lain. Nah ini (becak) yang pakai siapa sih?” papar Anies.

Baca: Anies: Kami Tidak Pernah Rencanakan Becak Berada di Jalan Raya

Anies melanjutkan saat ini tidak semua warga Jakarta suka menggunakan becak untuk bepergian. Namun, sampai sekarang segmentasi pengguna becak masih tetap ada.

Anies pun meminta masyarakat tak berpikir negatif soal becak. Kerena warga Ibu Kota pintar memilih angkutan mana yang akan digunakan untuk bepergian.

“Umumnya di kampung-kampung itu yang kami pantau dan mereka yang kulakan (belanja) itu, yang belanja, kemudian anak-anak yang sekolahnya dekat, kan banyak dititipkan, kemudian adalah ibu-ibu yang belanjaannya banyak, karena rata-rata itu (yang menggunakan becak). Tapi kalau bepergiannya jauh, 2 km, 3 km ya pada nggak pakai (becak),” terang Anies.

Baca juga: Dukung Kehadiran Becak di DKI, JJ Rizal: Itu Ikonik